Mapala Unisco UCY Tanam 350 Bibit Pohon di Gunungkidul

share on:
Back to Nature. Kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga dan mengelolanya || YP/Fadholy  

Yogyapos.com (GUNUNGKIDUL) - Demi menjaga keberlangsungan ekosistem flora, mencegah terjadinya tanah longsor, serta reboisasi bukit gundul, sekitar 40 mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) dan Mapala Unisco UCY mengadakan penanaman 350 bibit pohon di Desa Natah Pringombo Nglipar Gunungkidul, pada Minggu (8/3).

Wakil Rektor (Warek) 3 UCY, Farid Iskandar SH mengutarakan, kegiatan ini merupakan ujud dari Tri Dharma Perguruan, yakni pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi SDM yang berdaya guna dan membangun kesejahteraan Bangsa.

“Kendati cuacanya mendung dan akses untuk ke lokasi membutuhkan ekstra tenaga, namun para mahasiswa dan warga Natah sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Semoga dengan penanaman bibit pohon ini bermanfaat bagi ekosistem di sekitar dan sinergi antara UCY dengan warga desa Natah terus terjalin,” jelas Warek 3 didampingi Qamawi Ketua Mapala Unisco dan Yusuf Ketua Dema FT.

Jenis bibit pohon yang ditanam adalah akasia, sengon, jambu biji dan ketapang. Menurut Dukuh Pringombo, Listiadi, tanaman-tanaman tersebut sangat cocok ditanam di perbukitan tinggi semacam ini. Dan biasanya kembang biak pohon terjadi pada musim penghujan seperti sekarang.

“Ini adalah program jangka panjang yang baru bisa dipetik hasilnya 5 tahun mendatang. Dengan adanya penanaman 350 bibit ini semoga bukit gundul teratasi dan bisa mencegah terjadinya tanah longsor. Saya mewakili warga sangat berterimakasih kepada keluarga besar UCY yang peduli dengan kondisi lingkungan alam. Semoga kerjasama ini terus berkesinambungan,” ujar Listiadi disela menerima simbolik plakat.

Seperti diketahui, Pedukuhan Pringombo terdapat 112 KK dan 4 RT. Mayoritas profesi warga adalah petani, pedagang dan perantau. Area yang berada pada ketinggian 812 mdpl ini, memiliki kontur perbukitan karst dengan komoditas pertanian tumpang sari, seperti jagung, ketela dan padi. (Dol)

 

 

 


share on: