Lomba Burung Bupati Bantul Cup Tembus Ratusan Peserta, Yazid Raih Hadiah Sepeda Motor

share on:
Bupati Abdul Halim memberikan tropy kepada pemenang lomba burung di Gabusan Bantul, Minggu (20/11/2022) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Ratusan peserta dan ribuan penonton asal DIY dan Jateng serta luar Jawa mengikuti Festival dan Lomba Burung Berkicau Bupati Bantul Cup, di Gantangan Pasar Seni Gabusan Jalan Parangtritis Sewon, Minggu (20/11/2022).

“Dunia burung berkicau berdampak positif karena banyak pihak memperoleh peluang menjadi pelaku bisnis di tengah masyarakat, sehingga mereka mendapatkan keuntungan darinya,” ujar Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih.

Peluang bisnis yang telah dilakukan dan menguntungkan antara lain ternak, usaha penitipan dan melatih, pembuatan dan perdagangan pakan, pembuatan dan bisnis sangkar burung. Ini semua menjadikan penopang perekonomian masyarakat.

Selain itu burung berkicau merupakan salah satu hiburan yang banyak diminati. Perlombaannya juga selain sebagai hiburan juga membuka kesempatan untuk berjualan berbagai kebutuhan yang diperlukan peserta dan penontonnya.

“Selain sebagai sarana hiburan, lomba kali ini juga mampu menggerakkan perekonomian danpariwisata,” katanya.

Ketua Panitia yang juga Ketua DPC Rajawali Indonesia Kabupaten Bantul, Irfan Muhamad, mengatakan lomba ini dibagi beberapa kelas yaitu Murai Batu, Cak Ijo dan Jalak Bali. Para peserta dan penontonnya asal DIY dan Jawa Tengah serta uar Jawa antara lain Kalimantan.

Pada kesempatan sama, Wakil Ketua DPRD Bantul, Subhan Nawawi, menyatakan lomba burung berkicau seperti ini dapat membangkitkan perekonomian dan untuk promosi wisata.

“Event semacam ini diharapkan lebih sering diadakan sehingga meramaikan Bantul,” kata Subhan Nawawi.

Juara kesatu dalam kelas bergengsi (Murai Batu) diraih burung murai batu milik Yazid warga Godean Kabulaten Sleman. Hadiah utama berupa satu unit sepeda motor.

Pembagian trophy dan hadiah kepada para juara dilakukan oleh Abul Halim, Subhan Nawawi, sejumlah kepala OPD Setda Bantul. (Spd)

 


share on: