LCY Centennial dan LCY Roro Jonggrang Edukasi Pemahaman Diabetes

share on:
Elly Asmaranti (kiri) dan Ajeng dalam acara Health of Diabetes, Sabtu (12/6/2021) || YP-Eko Purwono

Yogyapos.com (YOGYA) - Ratusan peserta terlibat dalam gelaran Joint Activity of Diabetes yang diselenggarakan oleh Lions Club Yogyakarta Centennial dan LCY (LCY) Roro Jonggrang yang dilangsungkan di Galeria Mall, Sabtu (12/6/2021) dengan tajuk “Health of Diabetes”. Acara bakti sosial ini sebagai salah program Lions satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengajak dan mengkampanyekan kepada  masyarakat untuk peduli terhadap diabetes.

Pengunjung pusat perbelanjaan tersebut mendapatkan layanan cek kesehatan dan gula darah secara gratis sekaligus mendapatkan penyuluhan seputar diabetes melalui gelar wicara yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Yogyakarta, dr Joyo Santoso Sp PD.

Elly Asmaranti selaku Project Officer (PO) LCY Roro Jonggrang mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program peduli diabetes, yakni berupa layanan pemeriksaan gula darah untuk masyarakat sekitar secara gratis, sebagai upaya  untuk meminimalisasi dampak buruk penyakit diabetes.

“Kita menyediakan pemeriksaan bagi 100 peserta dan gratis, ini merupakan bagian program yang ada di Lions, salah satunya berupa program diabetes, kali ini kita laksanakan di Galeria Mall dengan harapan pesertanya lebih banyak, ini kebetulan hari Sabtu biasanya banyak yang jalan-jalan di Mall,” jelas Elly kepada yogyapos.com, di sela kegiatan.

Adapun kegiatan yang lain, beber dia, usai dilakukan cek gula darah, seluruh peserta mendapatkan edukasi dan pemahaman soal pencegahan, penanganan dan pengobatan diabetes secara tepat. Acara dikemas dalam bentuk bincang santai dan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Ariesanthi.

”Pada kesempatan ini kita undang narasumber Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Yogyakarta yaitu dokter Santoso untuk memberikan wawasan pengetahuan seputar penyakit diabetes dan cara pencegahannya kepada seluruh peserta dan bagi kita,” katanya.

PO LCY Centennial, Ajeng  berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, terlebih saat masa pandemi Corona ini, lantaran diabetes merupakan salah satu penyakit penyerta atau komorbid pada kasus infeksi Covid-19.

“Melalui cek gula darah ini diharapkan kondisi gula darah dalam tubuh kita terkontrol dengan demikian akan terhindar dari penyakit diabetes,” harap dia.

Joyo Santoso dalam pemaparannya menyampaikan, sejumlah faktor pencetus penyakit diabetes diantaranya adalan  faktor genetik, faktor usia dan gaya hidup. Menurutnya  jika didiamkan bahaya penyakit diabetes akan makin meluas sehingga menimbulkan komplikasi.

“Oleh karenanya perlu dilakukan upaya pencegahan dengan melakukan langkah pola hidup sehat, seperti berolah raga secara teratur  dan melakukan pengecekan kesehatan secara berkala agar penyakit diabates  dapat  diketahui dan ditangani sejak dini,” jelasnya. (Eko Purwono)

 

 

 

 


share on: