Lanjar Serap Aspirasi Warga dan Salurkan Sembako

share on:
Anggota DPRD Bantul, Petrus Lanjar Wijiyono SE dalam kegiatan reses serap aspirasi warga di rumahnya || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Anggota DPRD Kabupaten Bantul dari Fraksi Partai Gerindra, Petrus Lanjar Wijiyono SE dan warga Kalurahan Bantul Kapanewon Bantul Kabupaten ini menginginkan terwujudnya penaganan sampah secara terpadu dan tuntas. Harapannya sampah bisa mengasilkan dan meningkatkan pendapatan masyarakat serta tidak menimbulkan polusi serta kerusakan lingkungan.

Pernyataan dan kesimpulan itu muncul dalam forum reses anggota DPRD Bantul, Petrus Lanjar Wijiyono SE, di rumah tempst tinggalnya Dusun Tegal Malang Bantul, Jumat (5/2/2021) sore.

Menurut beberapa peserta reses, dua orang diantaranya Sujiati (54) dan Atmo W (69), sejumlah sarana dan prasarana pengolahan sampah dibutuhkan oleh warga Tegal Malang.

“Sementara ini kenyataannya, area tepi sungai yang ada Tegal Malang banyak tumbuh rerumputan. Maka oleh sebagian masyarakat diangap layak untuk membuang sampah. Hingga kini masih ada orang yang membuang sampah di tempat itu,” terang Sujiati .

Melihat realitas sepeti itu, maka diharapkan nantinya ada solusi dari Pemerintah. Termasuk peningkatan kesadaran masyarakat mengenai kebersihan. Selain itu juga sarana dan prasarana untuk mengolah sampah di tengah masyarakat juga diperlukan.

Menanggapi hal ini, Petrus Lanjar Wijiyono, mengatakan salah satu solusi untuk mengatasi itu, maka kanan kiri jalan yang sering untuk membuang sampah dilebarkan. Bagian kanan dan kirinya perlu diperlebar dengan konblok.        

“Dengan demikian tempat itu jadi bersih dan masyarakatnya akan sungkan membuang sampah di tempat itu,” kata Petrus Lanjar.

Ia juga mengatakan, karena adanya refocusing anggaran dari pemrintah untuk penaganan Covid-19, maka salah satu solusinya diperlukan adanya padat karya konblock jalan di tahun 2921 dan 2022.

“Berbagai aspirasi sampeyan sedoyo diantara akeinginan adanya lampu jalan, kartu sehat dan Kartu PKH dan lainnya, pihaknya akan terus mengupayakan untuk mengaksesnya untuk warga,” janji Lanjar.

Reses ini dibagi menjadi dua gelombang per gelombangnya 50 orang dengan menmberlakukan protokoler kesehatan  dan juga diwarnai pembagian sembako untuk peningkatan imun masyarakat dari  gangguan pandemi Covid-19.(Supardi)

 


share on: