Kwintarto: Masyarakat Pariwisata Perlu Motivasi Penerapan CHSE

share on:
Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Wibowo || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) – Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Wibowo menegaskan, masyaraket masih memerlukan motivasi untuk penerapan protokoler kesehatan berbasis Cloonlinoss Healty and Environ Mental (CHSE) dalam percepatan pemberantasan Pandemi Covid -19.

“Motivasi itu tidak hanya berlaku bagi para pengelola destinasi wisata. Tapi juga bagi wisatawan dan masyarakat luas,” kata Kwintarto Heru Prabowo, saat berbicara pada acara Sosialisasi Penerapan Protokoler Kesehatan Berbasis CHSE bagi Pengelola Distinasi Wisata Bantul, di Gasebo Giriloyo Wukirsari Imogiri, Sabtu (14/11/2020).

Menurut dia, jutru disiplin protokoler kesehatan akhir-akhir ini di dunia wisata harus lebih ditekankan. Sebab banyak obyek wisata di Bantul yang akhir akhir ini dikunjungi oleh wisatawan.

Dalam dua minggu terkhir ini, jumlah pengunjung obyek wisata vital yaitu dua diantaranya Pantai Parangtritis dan Goa Cemara mencapai 50.000 orang lebih. Padahal targetnya hanya 40.000 orang. Ramai pengunjung terjadi pada hari Sabtu dan Minggu ataupun hari libur nasional.

Sehingga pelaksanaan disiplin protokoler kesehatan harus ditingkatkan. Sebab disinyalir ada beberapa zona merah di wilayah Bantul.

Sementara itu, Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Sumaryadi selaku pemateri mengatakan, semua destinasi wisata harus disiplin menerapkan protokoler kesehatan. Pengawasannya harus jeli terhadap pengunjung agar mereka mematuhi anjuran pemerintah tersebut.

“Penerapan ini apabila perlu juga harus disertai dengan kejelian dari para pengelola. Alasannya kita pada umumnya tidak menguasai bidang kesehatan. Maka solusinya adalah harus disiplin bagi diri sendiri, lembaga dan kepads pendatang,” katanya.

Selain Sumaryadi, tampil pula sebagai pemateri dari Dinas Pariwisata DIY dan Kementrian Pariwisata. Acara ini diikuti para peengelola destinasi wisata, PHRI Kabupaten Bantul. (Supardi)

 

 

 

 


share on: