Konsolidasikan Pendidikan Karakter, Sultan HB X Peroleh Anugerah Doktor HC

share on:
Sultan HB X (tengah) dan istri || YP/Wan

Yogyapos.com (YOGYA) – Dinilai berhasil dalam membangun pendidikan karakter, Sri Sultan hamengku Buwono X memperoleh anugerah Doktor Honoris Causa (HC) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 

Anugerah  tersebut berlangsung bertepatan dengan 74 tahun Maklumat 5 September tentang bergabungnya Yogyakarta dengan NKRI, disampaikan oleh rektor UNY Prof Sutrisna Wibawa, disaksikan promotor Prof Suminto Ahmad Sayuti dan segenap tamu undangan, di kampus setempat, Kamis (5/9/2019).

Alasan utama pemberian gelar HC sebagaimana disampaikan Suminto A Sayuti, karena Sultan mampu mengonsolidasi kurikulum berbasis budaya melalui dinas, akademi, komunitas maupun desa-desa budaya beserta pendampingnya.

Senada disampaikan Rektor Sutrisna Wibawa, pendidkan di DIY tak lepas dari nilai-nilai yang bersumber dari budaya Jawa. Bahkan semua Perda yang diterbitkan selama kepemimpinannya mencerminkan dan mendorong tumbuhnya budi pekerti.

Sedangkan Sultan sendiri dalam pidato penganugerahan  berjudul ‘Pendidikan Karakter Berbasis Budaya’ mengurai tentang prasyarat ekosistem pendidikan yang baik. Yakni integrasi-sinergi lingkungan belajar, keluarga, sekolah dan masyarakat.

Pemikiran dan aplikasinya selaras dengan konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Tri Sentra Pendidikan, yang dalam UU Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Yogyakarta, terjelaskan bahwa pendidikan karakter berbasis budaya disangga oleh tiga pilar yaitu keraton, kampus dan kampung. (Dol)


share on: