Komunitas Yogya Tetulung Siap Bantu Pelaku Ekonomi Cilik Melalui Aplikasi IT

share on:
Penggiat Yogya Tetulung usai audiensi dengan Bupati Bantul || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Yogya Tetulung, salah satu komunitas dari Muhammadiyah berobsesi untuk menjembatani pengentasan kemiskinan di Kabupataten Bantul, mulai melakukan pemberdayaan kepada para petani, pedagang dan pelaku UMKM  masyarakat miskin melalui aplikasi IT

Hal itu diungkapkan oleh Inisiator Yogya Tetulung, Dwi Kuswantoro saat audiensi dengan Bupati Bantul Drs H Suharsono, Senin (15/6/2020).

Dwi mengungkapkan, yang menjadi sasaran Yogya Tetulung diantaranya para petani dan pedagang kecil serta para pelaku industri kecil. Mereka akan diberdayakan dan diarahkan dan dibimbing  agar mereka menguasai bisnis dengan mempergunakan IT temasuk melalui online.

Berdasarkan fakta dan hasil survai di lapangan bahwa usaha pertanian, perdagangan dan UMKM yang dilakukan oleh masyarakat Bantul mempunyai peluang dan bisa dikembangkan. Namun dengan.adanya Covid-19 mereka terpuruk, maka harus dibangkitkan lagi.

"Ini diharapkan bisa teratasi dengan konsep yang kami tawarkan dan akan lakukan. Contohnya sebenarnya berjualan sayuran dinrumah pun untungnya cukup besar. Ini jika ditunjang dengan IT dan dibuka wawasan  mereka lebih beruntung,” terangnya.

Sementara itu, Suharsono mengatakan, pihaknya menyambut positif adanya audiensi dan apa yang akan dilakukan oleh Yogya Tetulung. "Ini diharapkan akan membawa kemajuan Bantul melaui konsep yang ada,” kata Suharsono seraya menyatakan bahwa hal ini bisa diterapkan kepada para pedagang pasar, petani kecil dan pelaku UMKM. 

Audensu ini juga dihadiri oleh Asisten dan sebagian Kepala OPD di lingkungan Setda Kabupaten Bantul. Sedangkan dari Yogya Terulung yang juga hadir Dedi Heri Sutendi (relawan) dan Adnan Masyanto (relawan). (Supardi)

 


share on: