Komplotan Spesialis Pencuri Traktor Diringkus Usai Beraksi

share on:
Petugas menunjukkan tiga tersangka dan barang bukti traktor, di Mapolres Bantul, Rabu (24/11/2021) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Satreskrim Polres Bantul dan Polsek Banguntapan menangkap tiga tersangka spesialis pecurian traktor. Mereka masing-masing Sy (55) warga Sukoharjo Jateng, Wl (46) asal Sragen Jateng dan Sw (56) warga Banguntapan Bantul.

“Ketiga tersangka ini kami tangkap pada 22 November 2021 pukul 02.00, di simpang empat Gondo Wulung Banguntapan,” ujar Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK disampingi Kasat Reskrim, AKP Archye, Rabu (24/11).

Diungkapkan, tersangka mencuri traktor milik warga yang berada di sawah Selopamioro Imogiri. Mereka kemudian membawa kabur hasil kejahatanannya ke arah utara. Namun petugas yang kebetulan memergokinya merasa curiga segera membututi dan menangkapnya.

Dari penangkapan ini, polisi juga berhasil menguak kejahatan tersangka yang dilakukannya di tempat lain, yakni di wilayah Pundhong Bantul dan di Kepanewon Imogiri. Selain itu mengamankan barang bukti tiga unit mesin traktor, tiga unit kerangka mesin dan sepasang roda mesin traktor, satu mobil Avansa,  enam buah kunci ring, sebuah tang dan sebuah geraji besi. 

Sebelum beraksi, ketiga tersangka berbagi peran ‘menggambar’ traktor yang sering ditinggalkan pemiliknya di sawah. Setelah yakin, mereka beraaksi pada dini hari.       

“Dalam melakukan aksi kejahatannya, Sy dan Wl bertugas ‘pemetik’ (ekskutor) dan Sw selaku sopir mobil pengangkut hasil kejahatan,” jelas Ihsan. 

Para korban atau pemilik traktor yang melapor ke Polisi Hn (55) warga Selopamioro Imogiri dan Am (44) serta Km (60) warga Pundhong. 

Dihadapan penyidik, tersangka mengakui hasil kejahatan dijual kepada penadah di berbagai wilayah di DIY dan Jateng. (Spd)

 


share on: