Kodir dan Mbah Diro Peroleh Penghargaan dari Kemensos

share on:
Mbah Diro dan Kodir beristiqomah akan selalu menanamkan nilai kemanusiaan dan tolong-menolong || YP/Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan penghargaan kepada Mbah Diro dan Darwanto alias Kodir yang melakukan aksi penyelamatan terhadap para sisw SMPN 1 Turi Sleman dalam tragedi susur sungai Sempor penghargaan tersebut diberikan di Mako Tagana Sleman, Selasa (25/2).

Mbah Diro, mengaku beban menerima penghargaan tersebut. Menurutnya, ada banyak warga lain yang juga turut membantu proses evakuasi. “Untuk itu, uang penghargaan yang saya terima akan saya bagikan kepada warga yang ikut membantu. Dan sumbangkan untuk membangun masjid,” kata Mbah Diro disela kegiatan.

Hal senada diutarakan Kodir yang juga mengaku sama sekali tidak mengharapkan penghargaan tersebut. Ia mengaku apa yang diperbuat semata-mata tergerak karena rasa kemanusiaan dan tolong-menolong. “Berat rasanya menerima penghargaan ini. Aksi saya murni rasa kemanusiaan. Tidak ada pamrih. Kalau mengingat peristiwa itu saya sedih banget,” ujar Kodir singkat.

Mewakili Mensos Juliari Batubara, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI, Rachmat Koesnadi mengatakan setelah mendengar dan membaca berita dari media mengenai sosok Mbah Sudiro dan Kodir, Mensos memerintahkan jajarannya untuk memberikan penghargaan kepada kedua pahlawan tersebut.

"Pak Mensos sangat memberikan perhatian kepada warga yang telah melakukan aksi kemanusiaan seperti Mas Kodir dan Mbah Diro. Kemensos juga mengapresiasi langkah besar kepada seluruh relawan yang terlibat dalam operasi penyelamatan serta proses evakuasi. Kami sangat mengapresiasi kerja kemanusiaan teman- teman semua. Semoga menjadi ladang pahala bagi kita semua,” ungkap Rochmat.

Kadinsos DIY, Untung Sukaryadi, juga menyampaikan hal serupa terkait naluri kemanusiaan sebagai modal utama, khususnya dalam menghadapi peristiwa dan bencana. “Mas Kodir dan Mbah Diro ini, patut dicontoh. Naluri kemanusiaannya mengesampingkan risiko keselamatan jiwanya sendiri.  (Dol)

 

 

 


share on: