Kena PHK Sepihak, Puluhan Pekerja Unjukrasa

share on:
Para pekerja unjukrasa menuntut hak-hanya atas PHK sepihak || YP/Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Puluhan pekerja yang tergabung dalam Serikat Buruh Peternakan (SBP) CV Mitra Gema Lestari melakukan aksi unjuk rasa di depan PT Salimam Riyanto Raharjo, jalan Gito Gati No 9, Desa Grojogan, Dusun Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Senin (13/7/2020). Aksi dipicu oleh Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak oleh manajemen produsen produk olahan ayam ersebut.

Erlangga selaku Humas Serikat Buruh Peternakan (SBP) CV MGL mengatakan, jumlah buruh yang terkena PHK sebanyak 70 orang. Dampak pandemi Covid-19 mdijadikan alasan utama PHK.

"Dalam pemecatan ini ternyata pihak perusahan tidak dipertai dengan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan uang pengganti hak," ujar Erlangga di sela-sela acara.

Hal senada disampaikan Pengurus Gabungan SPSI DIY Fandi Atmaja, bahwa para terPHK hanya diberi uang ‘tali asih’ sebanyak gahi 1 bulan.

Erlangga menambahkan atas pemecahatan tersebut, pihaknya juga telah melakukan perundingan dengan pihak perusahaan. Namun, dalam perundingan tersebut, ternyata pihak perusahaan tidak memenuhinya. Selain itu juga telah mengirim surat keberatan sebanyak dua kali dengan maksud agar terjadi perundingan kembali. Ternyata respon tersebut tidak ditanggapi oleh pihak perusahaan. 

Di tengah berlangsungnya aksi unju rasa salah seorang dari pihak manajemen mengajak pengunjuk rasa untuk menetapkan perwakilannya untuk ‘duduk bersama’.

Jurnalis yogyapos.com yang berusaha konfirmasi belum memperoleh jawaban. Namun sore tadi seorang pengacara yang mengaku kuasa hukum dari pihak manajemen menghubungi via ponsel, menyatakan akan menggelar konferensi pers untuk memberikan tanggapan atas peristiwa itu.

Tapi ia baru menghubungi lagi pada malam hari dengan menyatakan bahwa konferensi pers urung dilakukan. Nanti kalau ada perkembangan akan menghubungi wartawan. “Kami akan bicara lagi dengan perwakilan pengunjuk rasa tentang tuntutan kongkret dari buruh,” ujarnya melalui WhatsApp pukul 21.42. (Agn/Met)


share on: