Kawasan Pantai Parangtritis Segera Dibuka Kembali untuk Umum

share on:
Bupati Bantul Drs H Suharsono || YP-Dok

Yogyapos.com (BANTUL) - Bupati Bantul, Drs H Suharsono berencana membuka kembali obyek wisata Pantai Parangtritis. Paling cepat pertengahan atau akhir Juni ini, obyek wisata favorit tersebut sudah bisa dikunjungi wisatawan dan masyarakat pada umumnya.

Rencana itu disampaikan Bupati di sela-sela penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), di Kantor Kelurahan Seloharjo, Bambanglipuro, Bantul, Jumat (12/6/2020). Tentu saja pembukaan obyek wisata Parangtritis ini setelah semua unsur sarana protokol kesehatan terpenuhi. Karena nantinya harus disertai dengan pemberlakuan protokoler kesehatan penanggulangan Covid-19 terhadap pengunjung pemilik dan pekerja warung-warung yang ada di sana.

“Ya semua warung wajib menyediakan sarana cuci tangan, hand sanitizer. Semuanya haru mengenakan masker sesuai protokoler. Nanti akan say cek lagi, kalau semua protokoler kesehatan tadi terpenuhi segera dibuka. Sebab selama ini para pedagang sudah mati usahanya,” ujarnya.

Bupati menyatakan, sebaliknya jika sudah dibuka tapi ternyata protokol kesehatan tidak dipatuhi, pihaknya tak segan-segan menutup kembali kawasan tersebut untuk umum.  

Direncakan nantinya kawasan pantai Parangtritis terbuka untuk umum selama 24 jam. Sebab terinformasikan selama ini banyak juga wisatawan yang berkunjung pada malam hari.

Jauh sebelum ini Bupati sebenarnya telah meninjau kawasan tersebut dan memberikan pemahaman tentang pentingnya memberlakukan protokoler kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

Karenanya saat pembukaan nanti Pemkab melalui Dinas Pariwisata akan menggandeng jajaran TNI dan Polri untuk ikut melakukan pengawasan terhadap konsistensi pengunjung maupu pemilik warung dalam memberlakukan protokol kesehatan.

“Tim pengawas akan melakukan screening terhadap pengunjung di pintu masuk. Selain itu patroli keliling kawasan,” pungkas Bupati. (*/Met)

 

 

 

 

 


share on: