Kasdam Jaya: RS Darurat Wisma Atlet Isolasi 71 Pasien Positif Corona

share on:
Kasdam Jaya saat memberikan keterangan pers terkait 71 pasien Corona di Wisma Atlet Jakarta || YP/Ist

Yogyapos.com (JAKARTA)  - Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) Jaya selaku Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Wapangkogasgabpad) 4, Brigjen TNI M Saleh Mustafa menyampaikan perkembangan jumlah pasien positif Covid-19 dengan status isolasi di Rumah Sakit (RS) Darurat Wisma Atlet. Pasien mencapai 71 orang terdiri dari 32 perempuan dan 39 laki-laki. Namun sampai saat ini jumlah pendaftar sudah lebih melebihi 100 orang.

“Memang, pasien cukup banyak sementara ruangan masih terbatas sehingga RS memberlakukan protokol social distancing. Jarak antar pasien harus diatur sejak di tempat pendaftaran agar dapat dibatasi antara pasien dengan pengantar,” kata Kasdam Jaya saat memberikan keterangan pers, Selasa (24/3/2020) siang, di Media Center Wisma Atlet, Jakarta.

Dia menjelaskan, di luar jumlah 71 orang yang dirawat, mereka masih dinyatakan sehat dan dianjurkan kembali ke rumah masing-masing. Kemungkinan besar jumlah yang mendaftar akan semakin terus bertambah.

Kasdam Jaya juga menginformasikan bahwa kegiatan di RS Darurat melibatkan 94 tenaga dokter yaitu 48 dokter umum  dan 46 dokter spesialis. Sedangkan  relawan sebagai tenaga medis sebanyak 430 orang. Meliputi 317 orang  personil TNI/Polri serta masyarakat sipil sebanyak 113 orang.

"Pengamanan dilakukan selama 1x24 jam oleh 423 orang personil TNI dan 152 orang dari Polri. Secara bergantian mereka mengamankan semua zona yang telah kita tetapkan,” tandas Kasdam.

RS Darurat hanya menangani kasus Covid-19 saja. Sementara prosedur pengamanan diberlakukan dengan mengklasifikasi kompleks Wisma Atlet menjadi beberapa zona yakni: zona merah di tower 7 (ruang perawatan), zona kuning di tower 3 (tenaga medis).  Kemudian  zona hijau di tower 1 (Satgas), serta  tower 6 dan 5 sebagai cadangan.  (*/Muf)

 


share on: