Kantongi Sertifikat CHSE, GL Zoo Uji Coba Buka Kembali untuk Wisatawan

share on:
Gajah-gajah GL Zoo yang rindu kedatangan pengunjung || YP-Ismet NM Haris

Yogyapos.com (YOGYA) - Seiring penurunan status Level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk DIY, beberapa obyek wisata di di wilayah ini telah uji coba dibuka. Salah satunya adalan Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembiraloka (GL Zoo) yang tertelat di titik persinggungan Kota Yogya dan Banguntapan Bantul.

Rencana uji coba ini tentu menjadi angin segar bagi masyarakat, setelah sekian lama lebih banyak berdiam di rumah masing-masing dan ‘haus’ suasana wisata.

Manager Marketing GL Zoo, Yosi Hermawan mengatakan, dalam uji coba pembukaan destinasi wisata telah melakukan vaksin terhadap seluruh karyawan dan keluarganya. Bahkan siap menerapkan protokol kesehatan demi kenyamanan dan keamanan pengunjung.

“Dari aspek administrasi, GL Zoo siap uji coba pembukaan destinasi. Sebagai salah satu syaratnya adalah Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability). Kami telah lolos sertifikasi, dan telah mendapatkan QR code Peduli Lindungi,” jelasnya, Senin (13/9/2021).

Sementara itu, sebagai salah satu syarat bagi setiap pengunjung dalam rangka uji coba destinasi wisata diwajibkan vaksin dan sehat. Ini tentu dibuktikan dengan scan QR Code Peduli Lindungi. Bila pengunjung lolos QR Code peduli lindungi, maka mereka dipersilakan membeli tiket, bisa secara online maupun langsung pembelian di lokasi.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyebutkan dari 20 destinasi wisata di Pulau Jawa yang hendak dilakukan uji coba, terdapat tiga destinasi wisata di DIY. Ketiga destinasi di DIY yakni GL Zoo, Taman Tebing Breksi di Kabupaten Sleman dan Hutan Pinussari Mangunan di Bantul.

Ketiga tempat wisata yang diusulkan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu. Selain sudah CHSE dan karyawannya telah vaksinasi, lokasinya pun outdoor dan dilengkapi layanan internet, sebagi sebuah bentuk fasilitas yang ada.

Patut dicatat, GL Zoo merupakan destinasi wisata di Kota Yogya yang selama ini sangat favorit dikunjungi wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara. Bukan saja pada hari libur, mereka juga datang ke sana pada hari-hari biasa. Tempatnya mudah dijangkau, koleksi flora dan faunanya terbilang lengkap. (*/Met)


share on: