Kabaharkam Polri Ajak Masyarakat Membangun Ketahanan Pangan

share on:
Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto || YP-Ist

Yogyapos.com (JAKARTA) - Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober memiliki makna tersendiri bagi Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto. Jenderal Bintang 3 kelahiran Blora ini mengutarakan betapa pentingnya ketahanan dan kemandirian pangan.

“Pangan itu soal hidup matinya suatu negara,” ujar Komjen Agus Andrianto di Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Perwira yang mengemban tugas sebagai Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Aman Nusa II 2020 itu mengungkapkan pandemi Covid-19 masih berlanjut dan memberikan pelajaran kepada masyarakat. Ketidakpastian membuat orang menghidupkan kembali penghargaan untuk sesuatu yang mungkin dianggap remeh yaitu makanan.

“Ekosistem keamanan terganggu apabila kita kekurangan pangan,” katanya.

Komjen Agus Andrianto menandaskan bahwa mempertahankan dan menyediakan akses ke makanan aman, sehat, dan bergizi menjadi bagian penting respon terhadap pandemi Covid-19. Masyarakat miskin dan rentan secara ekonomi yang paling terpukul akibat adanya badai pandemi. Menurutnya ketersediaan pangan, baik secara kuantitas maupun kualitas merupakan index menuju negara maju.

“Masih banyak lahan-lahan tidak produktif dibiarkan begitu saja. Sampai kapan kita akan bergantung pada negara lain, terlebih urusan pangan. Kapan lagi kita bisa mandiri kalau tidak sekarang,” tegas Komjen Agus.

Melalui momentum peringatan Hari Pangan Sedunia 2020, Kabaharkam Polri mengajak masyarakat membangun ketahanan pangan mulai lingkup terkecil yakni rumah tangga. Salah satu upayanya memanfaatkan lahan pekarangan, serta mengubah lahan tidak produktif menjadi produktif.

"Selamat Hari Pangan Sedunia 2020. Mari kita wujudkan ketahanan pangan untuk Indonesia maju,” tutup Kabaharkam Polri.

Peringatan Hari Pangan Sedunia dicanangkan berdasarkan hari berdirinya Food and Agriculture Organization (FAO) atau Organisasi Pangan dan Pertanian dunia pada 16 Oktober 1945. Organisasi ini berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan berwenang mengurus berbagai hal berhubungan dengan pangan ataupun hasil-hasil pertanian.

Diperingatinya Hari Pangan Sedunia bertujuan menciptakan kesadaran masyarakat menyangkut permasalahan obesitas dan gizi buruk akibat kelaparan. Sementara tema peringatan Hari Pangan Sedunia 2020 adalah ‘Tanam, Pelihara, Lestarikan Bersama’. (*/Muf)


share on: