Tahanan Narkoba Langsungkan Pernikahan

share on:
Prosesi pernikahan yang berlangsung di masjid di lingkungan Polresta Sleman, Jumat (25/11/2022) || YP-Eko Purwono

KISAH haru mewarnai prosesi pernikahan sepasang kekasih yang dilaksanakan di Masjid yang terletak di area Mapolresta Sleman. Mempelai laki-laki inisial HRJ (23) ternyata kesandung perkara narkoba sehingga akad nikah terpaksa dilangsungkan di kantor Polisi.

Sebagai bagian penerapan humanis Polri, Polresta Sleman merespon dan memfasilitasi atas permintaan keluarga kedua mempelai untuk dapat gelar pernikahan antara yang bersangkutan inisial HRJ (23) warga Kapanewon Pakem Kabupaten Sleman DIY dengan seorang wanita pilihannya.

“Salah satu tahanan kami yang berinisial HRJ warga Pakem, difasilitasi untuk melaksanakan ijab qobul di Masjid Polres Sleman dengan dihadiri petugas KUA Sleman, ini merupakan salah satu wujud humanis Polri, tadi Pukul 09.00 WIB. Alhamdulillah berjalan lancar,” kata salah satu penyidik Satresnarkoba Polres Sleman, Aipda Agung B kepada yogyapos.com usai acara berlangsung, Jumat (24/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, sebut dia, dihadiri perwakilan keluarga pihak laki-laki dan perempuan. Sedangkan tersangka HRJ ditangkap Polisi setelah kedapatan mengkonsumsi narkotika golongan 1 jenis ganja yang mulai dilakukan penahanan sejak tanggal  29 Oktober 2022 di wilayah Kapanewon Ngaglik Kabupaten Sleman.

“Jadi satu hari sebelum menikah, sudah melaksanakan lamaran, malam harinya kita lakukan penangkapan, untuk ancaman pasalnya minimal empat tahun penjara,” ujarnya.

Sedangkan pelayanan yang lain, imbuh dia, pihaknya juga menyediakan ruang pengaduan untuk dimanfaatkan oleh keluarga kedua mempelai untuk bersilaturahmi. Segala hak-hak dari tersangka terpenuhi dalam acara nikah. Selama tahun 2022 Satresnarkoba Polresta Sleman telah melaksanakan dua kali acara nikah termasuk acara hari ini.

“Setelah itu tersangka kembali menjalani penahanan,” imbuh dia.

Sementara itu, HJR didampingi isterinya mengaku sangat bahagia sebab pihak Kepolisian telah memberikan ruang dan fasilitas sehingga rencana acara pernikahan dapat berjalan dengan lancar. ”Mohon doanya agar menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah dan semoga bisa divonis ringan saat di persidangan nanti,” harapnya. (Opo)

 


share on: