Hari Pariwisata Diperingati di Bantul

share on:
Pemotongan tumpeng menandai Peringatan Hari Pariwisata 2021, di Bantul, Senin (27/9/2021) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo menyatakan, momentum Peringatan Hari Pariwisata 2021, diharapkan dapat memacu gairah memajukan dunia pariwisata. 

“Tema dalam peringatan hari wisata kali ini adalah ‘Bantul Bumi Mataram’, maka konsekwensinya selaku kawulo mataram harus mikul duwur mendem jero terhadap adat budaya dan pendalaman bumi mataram utuk kemajuan wisata,” kataJoko Purnomo, di Parasamya Bantul, Senin (27/9).

Dikatakan, selama ini yang sering diadakan adalah pentas seni budaya. Maka nantinya perlu disertai dengan kehidupan peningkatan tata nilai budaya. Ini semua harus dilakukan secara sinergitas oleh Pemkab dan masyarakat Bantul sebagai wilayah wisata. 

Upaya-upaya tersebut ditempuh dengan peningkatan SDM bagi para pengelola destinasi wisata, OPD dan masyarakat. Disertai dengan perbaikan kualitas pelayanan wisata sehingga masyarakat lebi tertarik berwisata ke Bantul. Perlu juga dilakukan penyiapan kawasan wisata baru yang tidak hanya sekadar untuk peningkatan PAD namun juga mampu meningkatkan kesejahteraaan masyarakatnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, dalam laporannya mengatakan dalam rangka mempromosikan pariwisata dan budaya Mataram Bantul, kini hingga beberapa hari mendatang dilalukan pentas seni budaya ‘Pentas Bandara Virtual 2021’ di Bandara International Kulonprogo. 

Pentas tersebut sebagai salah satu upaya agar seni budaya tradsional Bantul bisa lebih dikenal oleh dunia nasional dan internasional. 

Peringatan Hari Pariwisata juga ditandai pemotongan tumpeng oleh Joko Purnomo dan Kwintarto Heru Prabowo. Joko juga menyampaikan penghargaan kepada lima pengelola desa wisata. Bahkan secara pribadi juga memberikan uang tansport kepada mereka, masing-masing Rp 1 juta. (Supardi)

 


share on: