Bupati-Wabup Terpilih Pilkada 2020 Hanya Menjabat 4 Tahun

share on:
Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan || YP/Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Dalam Pilkada 2020 mendatang, DIY mengikutsertakan Sleman, Bantul dan Gunungkidul untuk memilih kepala daerah (Bupati-Wabup) sesuai dengan mekanisme yang diterapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pada surat keputusan KPU yang telah diatur dalam Pasal 201 ayat 7, Undang-undang No.10 Tahun 2016, menyebutkan jika para pejabat terpilih seperti Gubernur & Wagub, Walikota & Wawali, serta Bupati & Wabup, hanya menjabat selama 4 tahun.

Dikonfirmasi yogyapos.com, Selasa (19/11), Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan membenarkan aturan tersebut dan secara utuh ayat tersebut telah mengatur jika Gubernur dan Wagub, Walikota dan Wawali, serta Bupati dan Wabup hasil Pilkada 2020 menjabat sampai tahun 2024 atau hanya selama 4 tahun. “Untuk di DIY ada tiga daerah yang akan ikut Pilkada 2020. Bantul, Sleman dan Gunungkidul. Dan kelak Bupati dan Wabup terpilih hanya menjabat selama 4 tahun. Aturan ini didasari akan digelarnya Pilkada serentak pada 2024 mendatang. Dan pilkada diadakan secara bergelombang,” kata Hamdan.

Hamdan menambahkan, kendati hanya akan amenjabat selama 4 tahun, namun hak-hak yang bersangkutan seperti gaji dan pensiun tetap diberikan. Ini menagcu pada ketentuan Pasal 202 Uundag-undang No.10 Tahun 2016 tentang Hak-hak yang wajib diberikan Negara kepada Kepala Daerah. (Dol)

 

 

 

 


share on: