Harganas 2020: Jumlah Pemasang Alat Kontrasepsi di Bantul Melebihi Target

share on:
Bupati Bantul Drs H Suharsono dan istri (kanan) beserta Kepala DPPKBPMD Bantul Sri Nuryanti memberikan keterangan perse terkait Harganas 2020 || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Jumlah akseptor yang berminat untuk melakukan pemasangan alat kontrasepsi di Bantul dalam rangka Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 di Kabupaten Bantul, melebihi target dari yang ditentukan yaitu dari sekitar 1.400 menjadi 4.200 orang.

"Data menunjukkan bisa lebih besar dari target. Ini berkat kerja keras dari berbagai pihak yaitu Kodim, DPPKBPMD, IBI dan Puskesmas di Bantul,” kata Bupati Bantul Drs H Suharsono, usai menghadiri Peringatan HUT Hari Keluarga Nasional ke-27 tingkat DIY melalui teleconference, di Makodim Bantul, Senin (29/6/2020).

Menurutnya, melonjaknya akseptor tersebut juga berkat gigihnya para petugas dalam bekerja. Bahkan Bupati juga turun langsung memberikan motivasi kepada masyarakat agar mereka tidak takut untuk menjadi masyarakat pengikut KB.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPPKBPMD) Bantul, Sri Nuryanti mengatakan, pada HUT Peringatan Hari Keluarga Nasional kali ini, pihaknya mengadakan aksi pemasangan alat kontrasepsi kepada masyarakat pengikut KB.

"Dalam melaksanakan program itu kami bekerjasama dengan berbagai pihak rermasuk 27 Puskesmas dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bantul,” kata Sri Nuryanti.

Ia menyatakan, kegiatan ini merupakan bagian dan penjabaran peringatan Harganas yang melakukan pemasangan alat kontrasepsi kepada 1 juta orang. Untuk pelaksanaan di Bantul, IBI sendiri  melakukannya di 9 titik termasuk di sejumlah klinik,” jelas Sri Nuryanti.

Dikatakan, maksud dan tujuan aksi ini untuk meringankan biaya masyarakat akseptor dan mensukseskan program KB serta menekan pertumbuhan penduduk. (Supardi)

 


share on: