Gibran Resmikan Game Working Space

share on:

Yogyapos.com (SOLO) - Game Working Space diresmikan oleh Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bersama Wakil Rektor Bidang Administrasi Universitas Terbuka Prof Ali Muktianto, Head of Marketing  Acer Indonesia Fransica Maya dan sejumlah pihak, di Solo Techno Park, Selasa (29/11/2022).

Game Working Space merupakan kolaborasi ICE Intitut Universitas Terbuka dengan Acer Indonesia, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tehnologi melalui plaform Kadairika dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkraf).

BACA JUGA: https://www.yogyapos.com/berita-rumah-tanfidz-ahlul-quran-batubara-buka-cabang-jauhkan-generasi-muda-dari-candu-game-online-4413

Peresmiannya dilakukan dengan cara menekan tombol oleh Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bersama sejumlah pihak dari instansi itu. Sebelum penekanan tombol juga didahului talk show menghadirkan nara sumber Gibran dan pemuka atau utasan dari instansi tersebut.

“Kehadiran Game Working Space di Solo Techno Park diharapkan menjadi momentum untuk mendukung pelaku dan penggiat industri game di Indonesia. Selain itu juga akan membawa dan membuka peluang dan kesempatan besar bagj talenta-talenta game di Solo untuk dapat bergabung menjadi bagiannya guna memajukan game nasional. Saya juga mengapresiasi komitmen yang ditunjukan ICE Institut dan Acer Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas game lokal serta menjadikan Solo Techno Park sebagai pusat unggulan teknologi game pertama di Indonesia,” ungkap Gibran Rakabuming Raka.

Menurutnya, melalui peresmian kali ini, ICE Institut juga menghadirkan program ekselerasi telanta game nasional sebagai keberlanjutan dari program micro kredencial Game Developer. Program inkubasi ini dirancang khusus untuk mempersiapkan mahasiswa unggulan untuk menguasai produk game yang telah dikembangkan. Ini upaya strtegis yang diharapkan dapat mengakselerasi terciptanya telenta game Indonesia maupun produk game di Nusantara.

Sementara itu, Head Maeketing Acer Indinesia, Fransisca Maya, mengungkapkan peresmian Game Working Space di tempat ini merupakan wujud dari Acer dalam mendukung dan menjadi akselerator industri game nasional. Sebagai pemain utama di industri PC nasional. Pihaknya tidak hanya menghasilkan produk-produk gaming unggulan, namun juga ingin terlibat dalam sebuah program yang dapat memajukan ekosistem industri gaming yaitu mengakselarasi penyediaan talenta game nasional umtuk mendorong kemajuan industri kemajuan.game di Indonesia.

BACA JUGA: https://www.yogyapos.com/berita-membangun-karakter-siswa-melalui-permainan-tradisional-3216

Pada kesempatan sama, Prof Ali  Muktianto, mengungkapkan program akselerasi game nasional ini akan berkembang dan mampu meningkatkan produktivitas dan sustainabelitas. Ini agar berdampak pada peningkatan jumlah talenta game developer, startup bidang game, jumlah produksi game nasional yang pada akhirnya dapat meningkatkan ekonomi Indonesia.

Pada kesematan dialog ini juga terlontar bahwa teknologi game juga diharapakan pengembangannya dapat dilakukan melalui perkuliahan. Talenta game diharapkan memberikan isyarat kepada para mahasiwa, pelajar dan generasi muda dalam berkarya tentang game.

Ungkapan lain yang muncul agar para generasi muda termasuk anak-anak dan remaja tidak hanya mampu bermain game, memainkan mampu berkarya menguasi teknik membuat game.

Tentang Game Working Space ini sendiri adala merupakan pusat pengembangan teknologi dan pembelajaran game pertama di Indonesia. Ini sebagai pusat pengembangan sarana dan prasarana yang terdiri studium game berskala Internasional. (Spd)

 


share on: