Festival Imogiri 3 Segera Dihelat dengan Ragam Pertunjukan Kesenian dan Diskusi Budaya

share on:
Sejumlah seniman yang akan memeriahkan Festival Imogiri || YP-Ist

Yogyapos.com (BANTUL) - Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo dijadwalkan akan membuka Festival Imogiri 3 yang akan dihelat di Kalurahan Imogiri, pada 3 Oktober 2022.

Festival kali ini merupakan yang ketiga kalinya akan digelar selama tiga hari, mengusung tema ‘Meneguhkan Kawasan Imogiri Sebagai Sumbu Filosofi dengan Memperkuat Komunitas Budaya Berbasis Lokal Menuju Kawasan yang Adiluhung’ melibatkan para seniman dari ragam disiplin seni.

“Ini merupakan kegiatan ketiga. Banyak ragam kesenian ditampilkan saat pembukaan, diantaranya Mocopatan Sumoratri, pembacaan geguritan para sastrawan Jawa yang tergabung dalam Lembaga Kebudayaan Jawa Paramarta pimpinan Bambang Nugroho dan Sastra Mantra oleh Sanggar Pangawikan pimpinan Bambang Nur Singgih, di Pendapa Kademangan Ketandan Imogiri,” jelas salah satu panitia, Sigit Sugito, Senin (22022).

Hari kedua, papar Sigit, akan berlangsung diskusi terbatas di Gazebo Omah Canting Giriloyo dengan pemantik Ir Syahbenol Hasibuan. Hari ketiga, Rabu 5 Oktober 2022 agenda penutupan diisi Diskusi Komunitas membangun sinergi untuk mewujudkan Pariwisata yang berbudaya dengan narasumber Kadis Pariwisata DIY Tazbir Abdulah, Sigit Sugito dari Institute Kahade, moderator Muji Chino.

Acara penutupan ini dimeriahkan pembacaan puisi oleh Otok Bimo Sidharta, Liek Sutanto, Dyah Wulandari Adiningsih, Komunitas Penyair Kampung dan pameran lukisan di Sanggar Widara Kandhang karangtalun imogiri.(*/Met)

 

 


share on: