Evi Idawati, Tumbuhkan Kecintaan Puisi Sejak Dini

share on:
Evi Idawati | YP/Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Taman Budaya dan Yayasan Sekolah Puisi Jogja mengajak siswa-siswa Sekolah Dasar di Yogyakarta untuk belajar puisi dengan bermain, menarik dan menyenangkan agar bisa membaca dan menulis puisi tanpa rasa takut dan bosan. Program ini dilaksanakan pada bulan februari pada minggu pertama sampai ketiga setiap bulannya, dari jam 9.30 WIB sampai jam 11.00 WIB di Pendopo Gamelan Yogyakarta

Sastrawan  yang juga Ketua Yayasan Sekolah Puisi Jogja Evi Idawati mengungkapkan bahwa Program Menulis Puisi secara bersama ini berlangsung selama tiga bulan. Program dilaksanakan setiap akhir pembelajaran  dan usai pelatihan setiap siswa akan mendapatkan sertifikat.

“Program ini semata-mata kami maksudnya untuk menumbuhkan daya kreatifitas anak-anak di Jogja, terutama dalam bidang bahasa dan  sastra. Oleh karena itu, siapa saja dapat mengikuti program ini secara gratis,“ ujar Evi kepada Yogyapos.com, Minggu (3/2/2019)

Dijelaskan Evi, konsep yang diusung dalam program ini adalah belajar dan bermain. Oleh karena itu, sistem belajar membuat puisi  ditempat ini sangat berbeda dengan pengajaran yang dilakukan di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk

membuat anak-anak agar lebih dekat lagi dalam mengakrabi bahasa, mengenali kata, mengeksplorasi imajinasi dan juga bermain metafora dengan cara yang berbeda.


Suasana Anak-anak Sekolah Puisi Jogja | YP/Ist

Peserta Program ini tidak hanya diminta untuk menulis dan membaca puisi, tetapi membuka wacana yang lebih luas lagi untuk mengenali apa itu puisi agar bisa membantu mereka membuka pintu dan menemukan karakter diri pada suatu hari nanti dalam perjalanan hidup mereka kemudian, ditengah perkembangan jaman yang menjadikan handphone dan tekhnologi informasi menjadi pengetahuan dan kebutuhan wajib bagi masyarakat modern.

Hal tersebut dirasa perlu, karena ketrampilan menulis baik itu berupaka karya sastra maupun non sastra ditambah dengan kemahiran berkomunikasi menjadi penyokong keahlian utama yang harus dimiliki generasi sekarang ini.  Untuk itulah program ini sengaja dibuka untuk siswa-siswa sekolah dasar agar kemampuan tersebut mereka miliki kemudian.

“Dalam pelatihan ini peserta  tidak hanya  belajar menulis dan berkomunikasi, tetapi lebuh dari itu siswa dilatih agar dapat memiliki pemahaman yang kuat terhadap bahasa dan kata, serta makna dari kalimat-kalimat yang mereka gunakan dengan cara yang rileks, santai, tanpa membebani peserta sendiri,“ tandas Evi

Di program ini, anak-anak bukan hanya diajak untuk mampu mengungkapkan pikiran dan perasaannya dengan menulis puisi, namun mereka juga diharapkan punya keberanian untuk menampilkan karyanya dengan cara membacakannya, meski hanya pada lingkungan yang ada di sekitar mereka terlebih dahulu.

Namun keberanian tersebut diharapkan akan membangun kepercayaan diri mereka lebih kuat lagi. Meskipun program ini sudah mulai berjalan, namun bagi siswa yang berminat mengikuti program ini bisa langsung mendaftar di TBY, setiap jam kerja. Atau dapat langsung hadir di Pendopo Gamelan Yogyakarta pada hari Minggu. (*/sulistyawan)


share on: