DPRD Bantul Sosialisasi Perda Pajak Daerah

share on:
Sosialisasi Perda Bantul tentang Pajak dan Retribusi Daerah || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Bantul sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2018 tentang perubahan atas Perda Nomor 8 Tahun 2010 yang mengatur Pajak dan Retribusi Daerah

Anggota Bapemperda yang juga anggota Komisi A DPRD Bantul, Teguh Santoso SE dalam sosialisasi di ruang sidang DPRD ini, Senin (3/8/2020), mengungkapkan kegiatan ini penting bagi Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan juga para pamong kalurahan. 

“Sosialisasi ini bertujuan agar Perda bisa dimengerti oleh Pemerintah dan masyarakat luas termasuk para wajib pajak,” katannya.

“Yang dimaksud dengan pajak daerah yang selanjutnya disebut pajak adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa. Ini berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah  bagi sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat,” demikian Teguh Santoso yang juga anggota fraksi Partai Golkar.

Sementara itu, nara sumber lainnya, Sukardiyono SH memaparkan dasar hukum penerbitan Perda Pajak Daerah di Bantul diantaranya Undang Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

“Sedangkan jenis pajak daerah yaitu pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, mineral bukan logam dan  batuan, parkir, air tanah dan sarang burung walet,” demikian Sukardiyono yang juga anggota Fraksi Partai Gerindra.

Menurutnya, penegakan perda sangat diperlukan dan bukan untuk memberatkan masyarakat, namun bertujuan untuk adanya

Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penggunaan PAD yaitu pada prinsipnya untuk dipergunakan dan dikembalikan untuk kemakmuran daerah melalui Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD). (Supardi)

 


share on: