DPD PPY Bantul Bermitra dengan Pemkab Lestarikan Kesusasteraan Jawa

share on:
Pengurus DPD PPY Bantul memberikan cinderamata buku saat silaturahmi kepada Bupati Abdul Halim Muslih || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Dewan Pimpinan Daerah Paguyuban Panatacara Yogyakarta (DPD PPY) Kabupaten Bantul Periode 2022-2026 hasil Musda 22 Desember 20221, bertekad menjadi mitra Pemkab Bantul dan seluruh kalurahan. Kemitraan ini lebih melestarikan kebudayaan khususnya tentang kesusastran dan berbagai upacara adat tradisi Jawa diantaranya berupa taudak siten dan mithoni. 

“Kami para Pengurus DPD PPY Bantul periode 2022/2026 ingin bersenergi dalam melakukan keejasama yang saling menguntungkan dan melestarikan serta mengembanhkan kesusastran Jawa,” kata Ketua organisasi ini, Ahmad Efendi didampingi para pengurus lainnya, saat melakukan audiensi dengan Bupati Bantul di rumah dinas Bupati Bantul Trirenggo, Selasa (5/1/2022)

Dalam audensi tersebut Ahmad Efendi  dan Wakil Ketua Kuswandi juga didampingi Sekretaris 1 Egsa Sudrajad dan Eko Purwanto Sekretaris 2, Fikri Sidiq Bendahara, Jati Sumadi Ketua Bidang Pendidikan Dan Pelatihan,Nuryadi ketua Bidang Usaha ,kaderisasi dan pengembangan organisasi, Kabul Budiyono Bidang Seni Budaya dan Purwanto Bidang Humas Dan Publikasi.

Menurut Ahmad Efendi, Pengurus yang dipilih berdasarkan hasil Musda DPD PPY Kab Bantul yang dilaksanakan pada tgl 22 Desember 2021 di Graha Riptaloka ,Kalurahan Bantul bertujuan bisa menjadi mitra pemerintah Kabupaten Bantul dan Kalurahan Kalurahan Se Kab Bantul dalam upaya  melestarikan kebudayaan khususnya yang berkaitan dengan Kasusastran Jawa dan upacara adat tradisi baik pernikahan,mitoni ,tedhak Siten dan lain lain.

Sementara itu, Ahmad Efendi menyampaikan permohonan kepada Bupati untuk berkenan hadir dan sekaligus Mengukuhkan Pengurus Baru yang akan diberikan surat keputusan oleh Pengurus Pusat PPY Daerah Istimewa Yogyakarta yang segera akan dilaksanakan di Bantul.

Sementara itu, Kuswandi selaku wakil Ketua, menambahkan dengan adanya hal tersebut DPD PPY Kab Bantul kedepan memohon kepada Bupati Bantul berkenan untuk memfasilitasi beberapa program sehingga dapat terwujud  penguatan kapasitas bagi panatacara di Kabupatwn Bantul. Sehingga Panatacara mempunyai pengalaman yang luas disertai ilmu ilmu yang cukup mengenai dunia Panatacara sehingga sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten Bantul semakin semangat berjuang guna melestarikan kebudayaan.

Pada kesempatan sama, Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada semua panatacara di kabupaten ini yang bersatu dalam wadah DPD PPY Bantul. Pihaknya juga mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan yang baru Periode 2021-2026.

“Teriring harapan semoga kedepan DPD PPY Kabupatwn Bantul dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bantul dan turut berkontribusi untuk bersama-sama mewujudkan Bantul yang sejahtera, demokratis, agamis dan berbudaya,” harap Bupati.

Ia menyampaikan, Pemkab Bantul akan memfasilitasi kegiatan Pengukuhan Pengurus Baru yang rencananya akan diselenggarakan oleh DPD PPY di Pendhapa Parasamya Komplek Kantor Bupati Bantul.

Sebelumya, di pagi harinya  Pengurus DPD PPY Kabupaten Bantul juga melakukan audensi ke Dinas Kebudayaan Kabupaten ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundho Kabudayan) Bantul, Nugroho Eko Setiyarso Ssos MM didampingi Kepala Bidang Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan ini Daroni dan Kasi Bahasa Dan Sastra Tri Joko.

Dalam audensi tersebut Kepala Dinas Kebudayaan Bantul mengucapkan selamat kepada pengurus baru dan apresiasi kepada DPD PPY Kabupaten Bantul karena dengan adanya PPY Bantul sangat membantu program Dinas Kebudayaan Bantul.  (Spd)


share on: