DIY Miliki Skor Indeks Literasi Digital Terbaik Nasional

share on:

Yogyapos.com (SLEMAN) - Setelah sukses menggelar Generasi Happy di kota Makassar dan Bandung, kini giliran ‘Kota Pelajar’ Yogyakarta yang menjadi kota tujuan dari digelarnya festival Gen Z oleh Tri yang berlangsung di Halaman Parkir Stadion Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Minggu (20/11/2022)

Selain untuk menghibur Gen Z Yogyakarta, Generasi Happy juga memiliki tujuan untuk mengajak para anak muda Indonesia untuk memiliki pemahaman lebih terkait pentingnya literasi digital, dan mengajak mereka agar bisa memaksimalkan dunia digital secara positif dan kreatif.

District Operation Head Central & West Java IOH, Robby Hikmat Permana mengatakan fakta yang menarik adalah masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki skor indeks literasi digital terbaik di tingkat nasional, yaitu 3,71 (dari skala 1 -5). 

“Semakin tinggi skor, maka literasi digital masyarakat di provinsi tersebut diasumsikan semakin baik,” kata Robby Hikmat Permana.

Menurut dia, fakta ini merupakan hasil riset dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center pada tahun 2021. Selain itu, data dari Asosiasi Pengusaha Jasa Internet DIY 2021 menyatakan tingkat penggunaan internet masyarakat DIY berada di atas rata-rata nasional, termasuk di dalamnya tingkat konsumsi paket data dan pulsa. Hal ini ditunjang oleh peningkatan infrastruktur telekomunikasi yang makin mumpuni.

“Kedua hal tersebut semakin menegaskan bahwa Yogyakarta sudah memiliki bekal untuk memanfaatkan dunia  digital secara positif dan  kreatif,” ungkapnya.

Ditambahkan SVP -Head of Brand Marketing & Communications Tri, Galuh Neftita, selaras dengan hal tersebut, hadirnya Festival Generasi Happy di Yogyakarta dengan para kreator inspiratif dapat menambah sumber inspirasi dan motivasi untuk generasi muda di kota pelajar ini agar semakin kreatif, serta dapat membuka pintu kesempatan yang lebih besar di dunia digital. 

“Terkenal sebagai kota pelajar, kami ingin mengajak generasi muda di Yogyakarta untuk menjadi bagian dari Generasi Happy, dan bersama-sama menciptakan ekosistem digital yang positif,” sebut dia.

Melalui program ini, pihaknya memberikan dukungan nyata bagi Gen Z untuk mengembangkan bakat dan membuka peluang di dunia digital yang tentunya didukung dengan rangkaian produk Happy untuk menunjang kebutuhan digital mereka sehari-hari.

“Sebagai wujud komitmen Tri dalam mendukung aktivitas Gen Z di dunia digital, melalui program Generasi Happy ini, Tri mengajak seluruh Gen Z untuk bisa menggunakan dan memanfaatkan dunia digital secara lebih positif dan kreatif,” lontarnya.

Sebagai salah satu perwakilan musisi dan juga Gen Z, Ziva Magnolya menyampaikan, sebagai bagian dari Gen Z, kehidupan sehari-hari tidak lepas dari internet.

“Karena saya lahir dan tumbuh di tengah perkembangan teknologi. Hari ini saya senang sekali karena saya bisa menjadi bagian dari program Generasi Happy dan mengajak generasi muda di Yogyakarta untuk terus berkarya di dunia digital dan bersama-sama menjadi Generasi Happy,” beber Ziva.

Festival Generasi Happy Yogyakarta dimeriahkan oleh pertunjukan spektakuler dari Ziva Magnolya, RAN, Endank Soekamti, dan Ngatmombilung. Diikuti gelak tawa di panggung bersama Yusril Fahriza dan Candra Mukti. Dihelat pula video kompetisi untuk sekolah dan universitas di Yogyakarta dengan tema ‘Turn Negativity into Positivity’.

Yang tak kalah menarik, dalam kesempatan tersebut Najwa Shihab juga menggelar talkshow ‘Mata Najwa’ yang mengusung tema ‘Profesi Masa Depan’ bersama BTR  Alice, Kevin Aluwi dan Erix Soekamti. (Opo)


share on: