Dispusip Bantul Melepas 2 ASN Purna Tugas

share on:
Foto bersama usai pelepasan ASN || YP-Mufti

Yogyapos.com (BANTUL) - Pensiun dari kedinasan bukan berarti berhenti pula tugas mengabdi pada bangsa dan negara. Justru, pensiun menjadi masa-masa paling leluasa melakukan pengabdian masyarakat tanpa terikat tempat dan waktu. Peluang maupun kesempatan untuk berkarya dengan hal-hal baru jauh lebih terbuka.

Hal tersebut terungkap dalam acara pelepasan 2 orang aparatur sipil negara (ASN) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Bantul, Agus Haryanto SE, Kepala Seksi Pelayanan Perpustakaan, dan Kodrat Setiaji, staf Seksi Akuisisi dan Pengolahan, Senin (3/8/2020). Masing-masing telah menjalani masa pengabdian mencapai 35 hingga 36 tahun beserta segudang pengalaman menyertainya. 

“Kami sangat berterima kasih sekaligus mengapresiasi beliau berdua atas dedikasi serta pengabdiannya selama bertugas. Banyak hal sudah beliau lakukan untuk perkembangan dan kemajuan dinas kita khususnya,” ucap Sekretaris Dinas, Gunawan Budi Santoso SSos MH, di aula lantai 3 gedung Perpustakaan Daerah, mewakili Kepala Dispusip Bantul yang berhalangan hadir.

Dia menyampaikan, meskipun sudah berada di luar lingkungan kedinasan, namun persaudaraan atau silaturrahmi dengan keluarga besar Dispusip hendaknya masih terus terjalin. Gunawan tetap berharap saran masukan dari keduanya agar kegiatan-kegiatan Dispusip ke depan lebih meningkat.

Sementara, Agus Haryanto menceritakan bahwa selama menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dirinya telah  beberapa kali berpindah instansi. Selama itu pula, ia mengalami berbagai situasi dan kondisi yang berbeda. Baik dari sisi kepemimpinan, suasana, kenyamanan, hingga hubungan antar pegawai. Sepanjang pengalamannya, ia merasa perpustakaan merupakan tempat paling nyaman.

“Mungkin karena eratnya hubungan antar pegawai di sini. Bisa juga karena masa kerja saya di perpustakaan yang paling pendek dibanding instansi lainnya. Tanpa bantuan teman-teman, bisa jadi saya tidak mampu mencapai hasil seperti diharapkan,” tutur Agus.

Hal senada diungkapkan Kodrat Setiaji. Menurutnya, tanpa didukung rekan-rekan Dispusip maka ia tak kan dapat bekerja dengan baik. Ia memohon maaf bila pekerjaannya kurang memberikan hasil maksimal. Begitu pun pergaulan, mungkin ada hal-hal kurang berkenan baik disengaja maupun tidak sengaja.

“Sekecil apapun yang saya kerjakan, semoga memberi manfaat bagi dinas ini dan Bantul di lingkup lebih luas,” harapnya.

Keduanya mengaku telah mempersiapan diri mereka menjelang pensiun. Sedikit banyak ada kesibukan yang cukup menghasilkan guna mengisi masa-masa purna tugas, seperti berkebun, memelihara hewan, berwirausaha, atau kegiatan lain bersifat hiburan.

Pelepasan ditandai penyerahan kenang-kenangan secara simbolis kepada kedua ASN purna tugas oleh sekretaris dinas. Acara pelepasan dihadiri pejabat struktural, fungsional, serta seluruh staf. (Muf)


share on: