Dinas Pariwisata Bantul Segera Gulirkan Rippardes Sektor Wisata

share on:
Kepala Dinas Pariwisata bantul, Kwintarto Heru Prabowo || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Pemerintah Kabupataen Bantul melalui Dinas Pariwisata menggagas terbentuknya Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Desa (Rippardes) Tahun 2021. Gagasan ini dlakukan guna menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat dan Pemerintah Desa melalui sektor wisata.

“Selama ini yang sudah ada Rippardes tingkat propinsi (DIY) Kabupaten serta Kecamatan. Sedangkan untuk tingkat desa belum, maka perlu segera dibuat. Kami Dinas Pariwisata mendorong Kalurahan agar keberadaan dan pengembangan pariwisata di kalurahan dibuatkan regulasi lokal, sehingga terjaga keberlangsungannya dalam upaya pembangunan ekonomi tingkat lokal," kata Kepala Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, kepada pers, di Bantul, Kamis (4/3/2021).

Kwintarto menyatakan, selama ini banyak desa di Bantul yang mempunyai tempat dan potensi wisata. Bahkan ada yang sudah berkembang dan bisa memberikan keuntungan Pemerintah Desa dan masyarakatnya. Maka jika seluruh desa berjumlh 75 itu semuanya bisa membentuk Ripparda, maka diharapan akan bermanfaat untuk mengembangkan perekonomian di desa.

“Dengan demikian ini tujuannya tidak hanya terbatas wisata untuk memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) melainkan juga agar wisata yang ada menggeliatkan perekonomian masyarakat dan pemerintah desa,” tambah Kwintarto.

Dia menambahkan, cara ini juga sebagai salah satu cara untuk menggeliatkan perekonomian di saat dan pasca pandemi Covid-19. Dengan demikian, jik perekonomian kasyarakat kuat, maka akan meringankan dan membantu Pemerintah dalam upaya penguatan ekonomi warga. Kerena dalam hal ini. Lurah (Pemerintah Desa) bisa kreatif dan.aktif dalam menggarap potensi yang ada di wilayahnya.

“Kini program ini masih dalam proses untuk diwujudkan. Diantara tahapannya segera akan disosialisasikan dan dikoordinasikan dengan Pemerintah Desa,” jelas Kwintarto.

Agar program itu bisa terlaksana sesuai dengan yang diharapkan, maka Dialsparda Bantul juga menggodok dan nantinya siap mendampingi untuk membimbing dan memudahkan proses legalitas renpardes. (Supardi)

 


share on: