Di Pasar Imogiri, Sehari 50 Ton Pisang Ludes Terjual

share on:

Yogyapos.com (BANTUL) - Pasar Imogiri kesohor sebagai sentra penjualan pisang terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Bayangkan, di pasar ini setiap hari sebanyak 50 ton pisang luddes terjual.

Hal ini seperti diungkapkan Juminah (70) dan Warsini (54) pedagang pisang di pasar tersebut, setiap hari menerima berton kiriman pisang dari para pemasok asal Pangang Gunungkidul, Dlingo Bantul dan sebagian Imogiri Bantul. Pisang-pisang itu kemudian segera terjual dalam hitungan jam, karena memang sudah ada yang memesan maupun pembeli biasa.

“Pisang-pisang ini biasa dibeli oleh para pedagang dari pasar-pasar lain seperti Beringharjo, Prawirotaman dan Kotagede Yogyakarta,” tutur Juminah.

Mengenai harga pisang di pasaran Pasar Imogiri bervariasi tergantung jenis dan kualitasnya. Misalnya pisang kepok kuning Rp 100.000 per tundun (sebatang pohon). Pisang raja Rp 150.000-Rp 300.000 per tundun.

“Tapi sejak pandemi Covid-19 bisa dibilang lesu. Pemasarannya menurun hingga 50 persen,” katanya.

Juminah maupun Warsini menyatakan, dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, para pedagang tetap mencoba untuk bertahan berdagang, meski keuntungannya berkurang diabandingkan saat keadaan normal. (Supardi)

 


share on: