Di Ngemplak, Dua Arca Ditemukan Operator Ekskavator

share on:
Dua arca Nandhi dan Agastya yang ditemukan saat penggalian tanah oleh alat ekskavator || YP/Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Penemuan dua buah arca dengan tinggi sekitar 1 meter dan diameter 75 centimeter menggegerkan warga Desa Kalijeruk Widodomartani Ngemplak Sleman, Selasa (28/1). Warga datang berduyun menyaksikan dua arca berjenis Nandhi (arca sapi) dan Agastya, serta sejumlah batu candi andesit yang berada di area tersebut.

Kapolsek Ngemplak Kompol Wiwik dikonfirmasi yogyapos.com, Rabu (29/1) membenrakan kasus penemuan dua arca tersebut. Menurutnya, penemuan arca Nandhi dan Agastya berawal dari operator ekskavator yang tengah menggali tanah kas desa milik, yang hendak dibuat kolam pembuangan kotoran sapi.

“Saat itu operator ekskavator tengah ,memnggali tanah sedalam 4 meter. Tiba-tiba alat tersebut menyentuh batu keras. Saat ditelisik, ternyata membentur dua buah arca. Penemuan tersebut lantas dilaporkan ke Polsek Ngemplak. Petugas yang mendapat laporan segera mengecek dan mengamankan lokasi,” kata Kompol Wiwik.

Untuk penyelidikann lebih lanjut, kedua arca tersebut sementara diamankan di Mapolsek Ngemplak sembari menunggu keterangan resmi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta. “Ya, kedua arca kami amankan di Mapolsek supaya terkondisi dan tidak rusak. Kami juga tengah menunggu pengecekan fisik dari pihak BPCB Yogyakarta,” pungkas Kapolsek Ngemplak. (Dol)

 

 


share on: