Di Hartono Mall, Dorong Penggiat Custom dengan Indonesian Style

share on:
Kunto Wibisono saat memberi keterangan pers || YP-Fadholy

Yogyapos.com (SLEMAN) - Perhelatan Road to Indonesian Custom Show (ICS) yang digelar di Hartono Mall, telah usai pada 1 November 2020. Acara ini mengusung nilai menghargai karya anak bangsa di dunia custom otomotif.

Kunto Wibisono selaku show director ICS mengatakan, sejauh ini belum ada style custom yang identik dengan Indonesia. Kebanyakan masih mengikuti gaya racing atau elegant untuk modifikasi mobil atau chopper untuk modifikasi motor.

“Aliran yang ada dalam dunia custom otomotif selama ini mengikuti gaya luar, padahal Indonesia sebenarnya sangat bisa punya style sendiri. Bisa berupa mengangkat seni yang ada di Indonesia dan diterapkan dalam modifikasi, seperti penerapan seni ukir untuk detail modifikasi otomotif atau pembuatan spare part atau onderdil dengan manual atau hasil kerajinan tangan yang kualitasnya tidak kalah dengan produk pabrikan atau yang diciptakan dengan mesin,” ujar Kunto kepada yogyapos.com, Senin (2/11/2020).

Kunto menilai penggiat custom di luar negeri lebih menghargai hasil modifikasi yang dihasilkan secara manual, termasuk detail seni yang diterapkan di kendaraan itu. Namun, penggiat custom otomotif di dalam negeri masih menggangap hal itu biasa. Pihaknya pun mendorong penggiat custom Indonesia mengangkat nilai lokal dan gaya Indonesia.

Meskipun digelar di tengah pandemi, tidak menyurutkan animo masyarakat atau pegiat custom untuk datang. Penerapan protokol kesehatan Covid-19 ketat diterapkan sepanjang acara. Selama acara berlangsung, rata-rata terdapat 1.500 pengunjung yang mendaftar untuk datang ke perhelatan ini melalui aplikasi. Pengunjung yang masuk ke area pameran dibatasi 100 orang secara bergantian.

Motor dan mobil custom yang dipamerkan terdiri dari, Arsenich Tech 19, Rich Richie Garage, Pitstop Motor Werk, Indian Brew Motorcycle, Flying Piston Garage, Kupu-Kupu Malam, Freedom Community, Hot Rod Diningrat, Bimo Custom Bikes, Kickass Choppers, Agus Punk, Tjap Macan, Alternative, Ijo Garage, Kweni Chopper, Enggal Modified, Coffee Gasoline, dan Garasi Cilik, Bikers Station dan Bingkel Depan Rumah. Juga South Beach Garage, Pap n Mam, Darizt Design, Kanibal Bike Work, Disaster 13, We Last Car Bitch, Bengkel Jhon, Treasure Garage, Pitstop Motor Werk, Arsenich Tech 19. (Fadholy)

 

 

 


share on: