Di Bantul, 32 Seniman Mural Terlibat Perang Melawan Narkoba

share on:
Para seniman mural tengah mengekpresikan karyanya bertema perang melawan narkoba || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Sebanyak 32 seniman dari 16 komunitas mengikuti lomba mural (melukis diatas media dinding) ataupun permukaan luas yang bersifat permanen. Loma yang diinisiasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Indonesia Kabupaten Bantul ini sekaligus sebagai kampanye ‘War on Drugs’ (perang terhadap narkoba).

“Acara ini kami gelar dalam rangka Pra Hari Anti Narkotika Internasional (PRAHANI) Tahun 2021 yang hari H untuk Hari Anti Natkotika Internasional jatuh  pada tanggal 26 Juni,” kata Kepala BNN Indonesia Kabupaten Bantul, Arfin Munajah, usai beraudensi dengan Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih, di Trirenggo Bantul, Selasa (22/6/2021).

Lomba mural merupakan salah satu cara baru untuk melibatkan para seniman mengekspresikan karyanya dalam berkampanye memerangi narkoba di tengah masyarakat.

Selama ini seniman cenderung dipandang sebagai kelompok yang dekat dengan narkoba. Imij masyarakat seperti itu. “Maka justru seniman diharapkan dengan karya seninya mampu untuk mengajak masyarakat supaya jauh dari natkoba dan segala bahayanya", kata Arfin lebih lanjut.

Padahal, tegas Arfin, sebenarnya nilai-nilai dan karya seni yang dihasilkan oleh para seniman berpotensi untuk difungsikan sebagai ajakan moral agar masyarakat menjauhi narkoba.

Selain kegatan ini, pada hari dan tempat yang sama juga diadakan aksi sosial donor darah yang diikuti oleh belasan orang. (Supardi)

 


share on: