Desa Wisata Jetis Imogiri Kekurangan Hand Sanitizer dan APD

share on:
Pemberian bantuan hand sanitizer dan telur puyuh oleh Ketua Tim penggerak PKK Bantul || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Desa Wisata Jetis Selopamioro Imogiri Bantul hingga kini masih kekurangan berbagai keperluan untuk pencegahan dan penanganan virus Corona (Covid-19). Kondisi ini menimbulkan kecemasan warga, karena di sisi lain masih sering tampak kosentrasi massa dari luar di sejumlah tempat wisata setempat.

"Warga kami masih kekurangan masker, hand zanitizer. Untuk cuci tangan kami pads umumnya mempergunakan sabun biasa. Kami juga banyak yang belum memakai masker karena tidak punya," ungkap Dukuh Jetis Imogiri, Etik Yuniarti, disela menerima bantuan hand zanitizer, masker, aksi penyemprotan disinfiktan dan telur puyuh dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, Erna Suharsono, Rabu (22/4/2020).

Etik mengatakan, warga Jetis juga sering waswas dengan adanya para tenaga kerja pembangunan jembatan yang menghubungkan Selopamiro dengan Sriharjo. Selain itu banyak wisatawan yang juga datang ke Jetis. Ini dikhawatirkan tenaga kerja yang ada berasal dari zona merah yang kemungkinan bisa membawa penularan Corona kepada warga setempat. Wisatawan juga tidak terpantau kesehatannya.

"Kami tidak bisa memantau kepada para tenaga kerja dan wisatawan, maka mereka perlu diperiksa kesehatannya. Perlu adanya pemeriksaan dari Pemerintah dan patroli dari pihak Polri maupun TNI agar tak ada kerumunan masa oleh wisatawan,” tukas Etik.

Sementara itu, Erna Suharsono bersama Tim No-To, berharap baksos pemberian sejumlah keperluan pemberantasan Covid-19 kali ini bisa bermanfaat.

Ia juga memotivasi warga untuk budidaya berbagaiproduk pertanian di rumah masing-masing. "Ini bisa meringankan beban. Selain itu bisa dikerjakan di rumah tanpa harus bepergian,” kata Erna.

Desa wisata Jetis merupakan obyek wisata yang cukup menarik bagi wisatawan. Ini karena ada jembatan gantung Sungai Oyo dan juga panorama perbukitan serta  sungai nan indah. (Supardi)

 


share on: