Danang Maharsa Dorong Partisipasi Perempuan Berpolitik

share on:
Para peserta seminar nampak antusias mengikuti kegiatan || YP-Agung DP

Yogyapos.com (SLEMAN) - Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mendorong partisipasi perempuan dalam berpolitik. Apalagi untuk saat ini perempuan mempunyai peran yang cukup besar dalam berorganisasi kemasyarakatan.

Hal itu disampaikan Danang dalam seminar Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Politik, di Puri Mataram Tridadi Sleman, Rabu (18/5/2022).

Danang Maharsa (kanan) saat memaparkan gagasannya tentang partisipasi perempuan berpolitik || YP-Agung DP

Danang menyebutkan dalam Undang Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum dan UU Nomor 02 Tahin 2011 tentang Perubahan UU Nomor 02 Tahun 2008 tentang Partai Politik mengamanatkan, setidaknya ada 30 persen perempuan dicalonkan dalam daftar anggota Parlemen pada Pemilu 2019 lalu. Dan keterwakilan perempuan di Lembaga Legelastif Nasional (DPR- RI) sebanyak 20,8 persen atau 120 anggota legelatif perempuan dari 575 anggota DPR RI.

Sementara itu Kabupaten Sleman untuk Pileg tahun 2019 ada sekitar 28 persen atau 14 orang. Jumlah tersebut menurutnya mengalami peningkatan bila dibandingkan pada pemilu 2014 yakni 13 orang.

“Melalui kegiatan ini diharapkan le ih percaya diri dan yakin berkiprah di politik,” kata Danang. Sementara itu Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman, Indra Darmawan SSos MSc mengatakan, kegiatan seperti ini terus diadakan guna memberikan edukasi serta motivasi dalam perempuan berpasipasi dalam politik, pihaknya juga tidak menutup kemungkiman bahwa ke depannya juga akan mengadakan serupa untuk kalangan umum diluar anggota partai politik.

Selanjutnya Indra Darmawan meyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diadakan sebanyak empat dalam setahun  sudah sejak tahun 2008 lalu. “Kegiatan seminar ini diikuti perwakilan dari 16 partai politik. Semua  partai  politik kita diundang termasuk yang baru,” tandas Indra. (Agn)


share on: