Dampak Corona: Kunjungan Wisatawan Menurun, Taman Pintar Sediakan 25 Titik Sanitizer

share on:
Jam layanan Taman Pintar dibatasi. Insert: Afia Rosdiana dan penyediaan hand sanitizer bagi rombongan tersebar di 25 titik || YP/Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Merebaknya kasus Covid-19 berdampak pada segmen wisata edukasi di Yogyakarta. Taman Pintar yang merupakan wahana edukasi, mengambil kebijakan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Terbatasnya masker dan hand sanitizer di pasaran tidak menghalangi upaya Taman Pintar untuk memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang datang. Bahkan pihak Taman Pintar dapat memproduksi hand sanitizer atau antiseptik sesuai dengan standar yang diterapkan WHO.

Afia Rosdiana selaku Kabid Pengelolaan Taman Pintar kepada Yogyapos.com Senin (16/3) mengatakan, langkah yang diterapkan dengan melakukan pencegahan. Baik secara SDM maupun sarana prasarana sesuai anjuran WHO dan pemerintah Indonesia. “Setiap hari kami juga melakukan pengecekan suhu tubuh kepada karyawan dan juga wisatawan yanga datang. Para petugas juga kami himbau untuk memakai masker. Kami juga telah menyediakan hand sanitizer yang tersebar di 25 titik,” ujar Afia.

Untuk angka kunjungan rombongan, Afia mengaku pada weekend kemarin masih berjalan normal. Namun untuk hari ini pengunjung menurun drastic. “Jika biasanya per hari (weekday) pengunjung bisa mencapai diatas 1.000 orang, kali ini baru ada 150 orang. Dan untuk weekend biasanya pengunjung mencapai angka 3.000 orang. Namun lantaran kasus Covid-19, bisa dipastikan angka kunjungan rombongan menurun,” imbuhnya.

Pihak Taman Pintar juga melakukan pembersihan terhadap sarana dan prasarana yang ada. Seperti pembersihan toilet dengan antiseptik dan penyemprotan disinfektan. Pengelola Taman Pintar juga menganjurkan kepada rombongan yang hendak memasuki Gedung Oval, untuk mencuci tangannya terlebih dulu.

Terkait isu lockdown, hingga saat ini belum ada rencana penutupan kunjungan di Taman Pintar. Namun sesuai kebijakan Pemkot Yogya, layanan operasional dibatasi dari jam 08.30 sampai 15.30. (Dol)

 

 

 


share on: