Cegah Penyebaran Virus, Perpusda Bantul Lakukan Penyemprotan Disinfektan

share on:
Petugas lakukan penyemprotan di Perpusda Bantul || YP/Mufti

Yogyapos.com (BANTUL) - Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bantul melakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah terjadinya penyebaran virus . Seperti diberitakan media ini 20 Maret 2020 lalu bahwa Perpusda Bantul telah menutup sementara semua  layanan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 hingga 31 Maret 2020 mendatang. Langkah tersebut merupakan upaya mencegah sekaligus menanggulangi virus di lingkungan kerja.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Bantul, Drs Eddy Susanto, Selasa (24/3/2020) mengatakan perpustakaan adalah tempat yang setiap hari selalu dikunjungi banyak orang. Termasuk untuk melaksanakan kegiatan massal berbagai instansi maupun masyarakat seperti seminar, workshop, atau pertemuan -pertemuan lainnya. Potensi penyebaran virus di perpustakaan cukup besar sehingga penyemprotan mesti dilakukan.

“Sementara layanan tutup, kami telah meminta pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar membantu penyemprotan di lingkungan Dispusip. Terutama di gedung Perpusda, juga gedung arsip di Komplek Pemda Manding,” ujarnya.

Sasaran utama penyemprotan di gedung perpustakaan adalah lantai 1. Tempat tersebut paling sering dipergunakan karena ada ruang pelayanan, ruang baca umum dan anak-anak, ruang koleksi, serta mushola. Kemudian di lantai 2 ruang koleksi karya akademik dan kantor bagi para pegawai perpustakaan. Sementara di lantai 3 terdapat ruang pertemuan berkapasitas mencapai 200 orang.

 “Selain seluruh ruangan yang ada di dalam gedung, halaman depan dan samping juga disemprot. Pagar, ruang terbuka, alat permainan, hingga mobil perpustakaan keliling,” lanjut Kepala Dinas sambil memantau sekitar 20 orang petugas dari DLH.

Secara bersamaan di gedung arsip juga dilaksanakan hal serupa. Penyemprotan mengikuti Instruksi Bupati Bantul No 1/INSTR//2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Desease  19 (Covid-19). Bupati mengajak seluruh komponen masyarakat untuk melawan penyebaran infeksi Corona melalui berbagai kegiatan. Salah satunya melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan masing-masing. (Muf)

 

 

 


share on: