Cakades Triharjo, Irawan SIP: Bertekad Lanjutkan Pembangunan Fisik dan Non Fisik

share on:
Cakades Triharjo, Irawan SIP || YP/Agung Dwi Purwanto

BERBEKAL kepercayaan masyarakat yang cukup tinggi, Irawan SIP kembali mencalonkan diri menjadi Kepala Desa Triharjo Sleman pada 29 Maret mendatang. Ia sebelumnya sudah dua periode menduduki jabatan Kades di desa tersebut, berhasil melakukan pembangunan infrastruktur yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Warga masih memberikan kepercayaan, mendorong saya untuk ikut Pilkades. Ini berarti amanat, sehingga harus saya jalankan,” ucap Irawan kepada yogyapos.com, Minggu (23/2/2020).

Selama dua periode menjabat Kades, Irawan menyadari bahwa infrastruktur adalah salah satu andalan pendukung produktivitas perekonomian 20.000 warga yang ada dibawah naungannya. Itu sesuai usulan warga sebagaimana tertuang dalam APPDes, yang semuanya terlaksana.

“Tentu saja ke depannya program pembangunan infrastruktur akan dilanjutkan,” ujaralumnus UGM ini.

Pembangunan infrastruktur dibarengi pula dengan program pemberdayaan masyarakat, terutama peningkatan sumber dayanya melalui pendidikan formal maupun ketrampilan. Kelak akan lebih sering dilaksanakan pelatihan-pelatihan yang bisa bermanfaat menumbuhkan ketrampilan warga sebagai modal untuk mandiri.

Pelatihan-pelatihan tersebut diiringi dengan pengadaan fasilitas pendukungnya. Program pelatihan ini tentu saja menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) dan pihak-pihak terkait lainnya. Sinergitas demikian akan dilakukan, sekaligus mendukung program Pemkab dalam upaya mengurangi angka pengangguran dan pengentasan kemiskinan.

“Itu sudah saya lakukan selama menjadi Kades, dan nanti akan tetap dilanjutkan dengan menjangkau lebih banyak warga,” katanya.

Bapak 3 anak hasil perkwinannya dengan Eka Widianingsih ini menyadari, keberhasilan merealisasi program-program tak lepas dari keiikutsertaan masyarakat yang luar biasa. Tanpa mereka, pihaknya merasa bukanlah apa-apa.

Berkat partisipasi masyarakat pula, Desa Triharjo di bawah kepemimpinannya meraih berbagai penghargaan tingkat lokal, provinsi dan nasional. “Saya berharap partisipasi warga pada Pilkades 29 Maret nanti. Selain menggunakan hak pilihnya, juga ikut menciptakan iklim yang kondusif. Sebab bagaimana pun juga pelaksanaan Pilkades Triharjo selama ini menjadi barometer bagi desa-desa lain,” ajak Irawan. (Agung Dwi Purwanto/Met)

 


share on: