Bupati Suharsono Santuni 3 Kambing untuk Modal Ternak Mujiyo

share on:
Suharsono serahkan 3 ekor kambing disambut gembira Mujiyo dan anggota keluarganya || YP-Supardi

Ygyapos.com (BANTUL) - Kegembiraan tampak di wajah Mujiyo (60) saat menerima bantuan 3 ekor kambing dari Bupati Bantul Drs H Suharsono. Bantuan tersebut dimaksudkan sebagai modal beternak, sehingga kelak bisa menjadi matapencaharian yang hasilnya bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga. 

“Saya berkeinginan keluarga yang miskin ekonomi ini bisa bekerja, punya matapencaharian. Salah satu caranya berternak. Namun mereka kesulitan modal, maka saat ini saya dengan uang pribadi membantu hewan ternak agar bisa dikembangbiakkan,” kata Suharsono, saat memberikan bantuan kambing kepada Mujiyo (60) warga RT 53 Kediwung Mangunan Dlingo, Minggu (28/62020).

Dikatakan, bantuan tiga ekor kambing yang dibeli dari Pasar hewan Imogiri ini, diharapkan bisa memberikan motivasi kepada warga memulai beternak. Nbeternak nantinya bisa dijadkan pekerjaan pokok atau sambilan. Ini perlu karena jika ditekuni dengan baik, beternak kambing juga bisa memberikan keuntungan.

"Di Bantul pakan ternak berupa Hijauan Makanan Ternak (HMT) relatif masih mudah didapatkan. Lahan untuk angon (menggembala) juga masih cukup luas sehingga memudahkan para peternak,” ujarnya.

Sementara itu, Mujiyo diketahui adalah sebagai warga yang kelewatan dalam pendataan dan tidak mendapatkan bantuan tertentu dari pemerintah pusat beberapa tahun lalu.

Dahulu dinding rumahnya masih gedhek (penyekatnya anyaman bambu), tidak punya kamar dan lantainya tanah. Ia sehari hari bekerja sebagai buruh membantu pembuatan arang kayu.

Namun kini rumahnya sudah dinding, ada kamarnya dan sebagian lantainya sudah dipasangi keramik. Ini berkat adannya bantuan dari Suharsono dan temannya beberapa waktu lalu.

Pada kesempatn itu, Lurah Mangunan Jiyono, mengatakan pihaknya menyambut positif dan mengucapkan terima kasih adanya bantuan ini.

Penerima bantuan Mujiyo, bertutur, dirinya dan sekeluarga merrasa senang dengan adanya bantuan ini. Ini nantinya diharapkan bisa berkembang sehingga menghasilkan uang. (Supardi)

 


share on: