Bupati dan Dandim Bantul Ikut Jadi Saksi Nikah Bareng Merah Putih

share on:
Bupati dan Dandim Bantul (menghadap kamera) saat menjadi saksi pengantin hajatan Nikah Bareng merah Putih || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Peristiwa unik dan langka yakni Nikah Bareng Merah Putih Dirgahayu 75 Indonesia, diikuti oleh 75 pasangan pengantin, Rabu (12/8/2020). Kegiatan yang dihelat oleh Golek Gaarwo Fortais Sewon Bantul ini berlangsung dua pekan sebelumnya secara marathon di 17 Kantor Urusan Agama (KUA) di Bantul.

Dari 75 pasangan pengantin yang pada hari ini, khusus yang nikah bareng di KUA Kretek tercatat 11 pasangan pengantin. Dua diantaranya Fandin Yudha Arnanda (27)-Tri Wulansari (24) dan Nugoho Susanto (34)-Siti Saruah (40).

Keunikan prosesi nikah bareng untuk 11 pasangan pengantin yakni mereka sebelum nikah bareng di KUA  Kretek, terlebih dahulu tabur bunga dan doa bersama di Pantai Cemara Sewu dan Gumuk Pasir Kretek. Setelah itu menuju ke KUA krerek (untuk nikah) dengan mempergunakan kereta mini, gerobak milenial dan mobil diiringi oleh berbagai pihak terutama sanak saudaranya.

Para saksi dalam nikah bareng di KUA Kretek adalah dari berbagai pihak termasuk dua diantaranya Bupati Drs H Suharsono dan Dandim Letkol Agus Indra Gunawan.

Menarik dan uniknya lagi ada beberapa pasangan pengantin yang menikah diatas gerobak milenial. Salain itu emas kawinnya selain emas kawin pasangan pengantin masing-masing juga ditambah dengan sayuran. Diantaranya berupa kubis dan tomat yang dikemas dengan kreneng (anyaman bambu).

“Nikah bareng ini sudah yang ke lima kali digelar selama masa pandemi Covid-19,” kata Ketua Panitia Golek Garwo Fortais Sewon dan Nikah Bareng Nasional, RM Ryan Budi Nuryanto SE, di sela prosesi.

Menurutnya, dalam prosesi nikah bareng kali ini, semuannya dengan mentaati protokoler kesehatan pencegahan dan pemberantasan Covid-19. Selain itu diadakannya tabur bunga di Pantai Cemara Sewu dan kirab juga dimaksudkan untuk media dalam mempromosikan sektor pariwisata di Bantul sekaligus menghibur masyarakat

Sementara itu, Bupati Bupati Bantul Suharsono dan Dandim Letkol Inf Agus Indra Gunawan, menyatakan ikut senang dengan dijadikannya saksi dalam nikah bareng ini.

"Ya, saya juga ikut senang dan semoga para pasangan pengantin bisa  hidup bahagia,” kata Suharsono bersama Agus Indra Gunawan.

Nikah bareng ini juga menjadi tontonan dan hiburan menarik para pengiring, tamu undangan dan masyarskat. (Supardi)

 


share on: