Bingung Isi Liburan Anak? Ikut English for Holiday Saja

share on:
Playing

Yogyapos.com (SLEMAN) – Libur telah tiba. Lagu yang dinyanyikan The Changcuters tersebut relevan dengan keadaan yang akan dihadapi orang tua pada bulan Juni karena saat tersebut dimulai liburan kenaikan kelas.

Ada banyak cara mengisi liburan sekolah bagi anak seperti mengunjungi kakek nenek, berwisata atau sekedar di rumah berkegiatan untuk mengisi waktu.

Namun Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menawarkan kegiatan yang berbeda dalam mengisi liburan sekolah, yaitu dengan program English For Holidays (EFH).

Pada tahun 2023 ini, EFH mengangkat tema Intercultural Community dengan tujuan untuk menciptakan keselarasan dan kebersamaan antar budaya dengan slogan ‘One for all, all for one’.

Menurut Ketua Panitia Ihtiara Fitrianingsih MPd, EFH 2023 merupakan salah satu program tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta.

“Program EFH 2023 adalah menawarkan aktivitas dan lingkungan bernuansa Bahasa Inggris yang dipadukan dengan keceriaan dan kebersamaan bagi para peserta,” paparnya, Rabu (24/5/2023).

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan fasilitas kepada masyarakat umum khususnya anak-anak dan remaja yang memiliki antusias dan ketertarikan terhadap Bahasa Inggris dan bisa menjadi kegiatan yang mampu mengasah talenta mereka dalam berbahasa Inggris.

Menurutdosen Pendidikan Bahasa Inggris tersebut tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris melalui pengalaman menyenangkan dengan mengintegrasikan lagu, permainan, cerita yang diwujudkan dalam kegiatan seru bagi seluruh peserta.

Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mencakup 4 keterampilan bahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis sekaligus meningkatkan kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi antar budaya.

Sekretaris kegiatan Anis Firdatul Rochma MPd mengatakan, EFH akan berlangsung Senin hingga Jumat (26 Juni – 7 Juli 2023) pukul 08.00 – 12.00 WIB di Fakultas Bahasa Seni dan Budaya, Karangmalang, Sleman.

“Kami pilihkan pagi hingga siang hari sehingga peserta merasa seperti aktivitas mereka sehari-hari yaitu sekolah. Perbedaannya, EFH tidakhanya pembelajaran di kelas namun juga ada aktivitas outdoor yang jauh lebih menyenangkan,” kata Anis.

Kegiatan yang akan diikuti peserta cukup menarik, diantaranya classroom activity, grand campus tour, culinary day sertaFun Games around the World. Pada classroom activity peserta akan mengikuti pembelajaran di dalam kelas bersama para teachers. Teachers sendiri merupakan mahasiswa semester akhir yang mengambil konsentrasi English for Children (EFC) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta.

Grand campus tour merupakan agenda keliling area UNY yang disertai dengan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris bagi peserta. Kegiatan pembelajaran meliputi observasi, wawancara, dan outdoor games. Di Culinary day peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk mewakili berbagai negara yang berbeda dan membuat makanan sesuai dengan makanan khas negara yang diwakilinya. Peserta juga diperbolehkan untuk mengunjungi kelompok lain untuk saling mencicipi setiap makanan. Fun Games around the Worlddi area terbuka Fakultas Bahasa Seni dan Budaya terdiri dari 3 games yang disesuaikan setiap kategori dan 2 games yang suitable untuksemua kategori. Seluruh kegiatan Fun Games around the World akan dilaksanakan selama 3 jam. Peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok untuk memudahkan distribusi tools dan pengkondisian game. Setiap kelompok akan didampingi oleh pendamping. Kegiatan EFH dapat diikuti siswa berusia 4 hingga 18 tahun, jenjang prasekolah hingga SMA/SMK.

Peserta EFH tidak hanya diajari Bahasa Inggris di kelas namun juga diberi kesempatan mempraktikkannya di sekitar UNY bersamaan dengan agenda grand campus tour. Peserta juga diajak berkeliling UNY mengeksplorasi fasilitas yang ada seperti Museum Pendidikan Indonesia, Taman Olahraga Masyarakat, Kembara UNY dan sebagainya.  Salah satu orang tua peserta EFH tahun 2022, Laily Amin Fajariyah mengatakan bahwa anaknya senang mengikuti EFH karena mulai tertarik belajar dan penasaran dengan Bahasa Inggris.

“Anak saya sangat senang karena bertemu banyak teman baru dan acaranya seru,” kata Laily.

Bahkan saking terkesannya ketika ditawari ada EFH dia langsung minta didaftarkan, bahkan sudah janjian dengan teman-temannya untuk mendaftar EFH 2023. Laily Amin Fajariyah adalah guru SMPN 5 Panggang Gunungkidul yang bersuamikan orang Korea. Nama anaknya Kim Do Hyeong. Sekarang Laily sedang menempuh S3 di Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana UNY. (Dedy Herdito)


share on: