Berkah Idul Fitri, Penghasilan Kusir Andong Imogiri Tembus Rp 500.000

share on:
Sejumlah andong di area parkir Makam Raja-raja Imogiri || YP-supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Meski dalam suasna pandemi Covid-19, namun bertepatan Idul Fitri 1442 H sejumlah obyek wisata di wilayah Bantul dikunjungi masyarakat. Walhasil para kusir andong di wilayah Imogiri, Kabupaten Bantul juga beroleh rezeki dari jasa mengangkut wisatawan ke obyek wisata religi Makam Raja-raja Imogiri.

Hal ini diakui Juwandi dan Jatno, kusir andong yang biasa mangkal di Pasar Imogiri. Rute angkutan ini dalam melayani pars penumpangnya star dari Pasar Imogiri menuju Makam Raja-raja Imogiri dan sebaliknya.

“Alhamdulillah hari pertama Lebaran banyak penunumpang menuju Makam,” tutur Juwandi, Jumat (14/5/2021).

Khusus Lebaran, Juwandi mematok tarif Rp 20.000 per orang. Rata-rata setiap andhong yang trayek jumlah penumpangnya lima hingga delapan orang sehingga totak pendapatannya Rp 100.000 hingga Rp.160.000.     

Deangan adanya peningkatan penumpang, maka selama dua hari terakhir setiap kusir mendapatkan hasil Rp 400.000 sampai Rp 500.000 per hari. “Memang sejak lama dan hingga kini di daerah ini ada semacam tradisi naik andhong ke Makam Imogiri. Maka kami para kusir yang jumlahnya sekitar 30 orang memanfaakan peluang itu untuk mengais rejeki dengan mengoperasikan delamannya,” lanjutnya.

Sejumlah wisatawan mengungkpakan, naik andhong ada keasyikannya tersendiri. Ini merupakan semacam tradisi di Imogiri. “Rasanya kurang afdhol jika ke Makam Raja-raja tidak menumpang andong. Maka kami juga melakukannya,” kata wisstawan Lastiniasih. (Supardi)

 

 

 

 

 


share on: