Bekas TPA Disulap Jadi Obyek Wisata dengan Fasilitas Kolam Renang

share on:
Arena bermain anak di obyek wisata Sorory || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada di sebelah selatan jembatan Sungai Opak di Dusun Pelem Madu Sriharjo Imogiri Bantul, sejak sekitar  tiga minggu terakhir berhasil disulap oleh warga  menjadi obyek wisata dengan nama  Lembah Sorory. Tak sia-sia, tempat ini tampak lebih Asri dan banyak pengunjungnya.

Sebelumnya kawasan tersebut merupakan tanah wedi kengser yang sejak lama hanya untuk TPA sampah, serta dimanfaatkan sebagai tempat perkemahan. “Namun kini menjadi ramai, setelah kami garap untuk tempat wisata,” ujar Pengelola Obyek Wisata Lembah Sorory, Darmadi kepada yogyapos.com, Kamis (5/11/2020).

Diungkapkan, semula tempat ini sepi karena merupakan ‘kiwo’ (pinggiran).  Namun setalah dijadikan untuk tempat wisata dikunjungi masyarakat. Setiap hari libur, Sabtu atau Minggu rata-rata tembus 900 orang pengunjung dan hari-hari biasa mencapai 300 pengunjung. Tentu saja para pengunjung tetap diwajibkan mematuhi protokoler kesehatan pencegahan Covid-19.

Para pengunjung biasanya menikmati berbagai fasilitas yang tersedia diantaranya kolam renang dengan tarif Rp 5000 per orang, ATV Rp 10.000 per lima menit dan kuda tunggang yang tarifnya juga relatif murah.

Pengunjung juga dapat menikmati kuliner. Karena di kawasan ini tersedia sejumlah warung makan yang cukup memadai. Bisa santap di warung, atau sekadar membeli dan menyantapnya di Pendapa sembari menikmati panorama di sekitarnya.

Siapa pun yang akan berkunjung ke sana, tentu sangat mudah. Sebab lokasinya hanya bejarak beberapa meter sebalah selatan Jembatan Opak yang sebelumnya merupakan jembatan gantung dan pernah hanyut akibat banjir Cempaka 2017.

Kini jembatan itu sudah dibangun lagi dan sudah jadi. Ini bisa memudahkan akses menuju ke Sorory dari Canden atau sebaliknya. Dusun Pelem Madu meruapakan pusat peoduksi rempeye dan kripik yang produsennya ada sekitar 30 orang industri rumah tangga.

“Tempatnya mudah dijangkau dengan kendaraan apa saja. Pemandangannya indah, nyaman dan makanannya murah,” ucap Danang didampingi Arum S, pengunjung asal kota Yogya. (Supardi)

 


share on: