Baleroso, Lesehan Jawa 'Banget' di Lembah Breksi

share on:

BEBERAPA ikan gurami tampak berbanjar di atas pangangan. Kipas angin listrik berputar, menjaga agar bara arang terus menyala. Juru bakar yang berdiri di depan pangangan sibuk mengoles bumbu pada ikan setengah matang. Sementara itu pramusaji bolak balik mengambil ikan bakar yang sudah matang dan segera mengantarkannya pada pengunjung yang terus berdatangan.

“Jam makan siang adalah waktu tersibuk bagi tim kami. Dan gurami asam manis pedas adalah menu favorit para pengunjung,” ujar pengelola resto, Tri Wahyu Utomo, memulai perbincangan di Baleroso Resto, siang kemarin.

Baleroso Resto terletak di Jogja bagian Timur, tepatnya di jalan Prambanan - Piyungan km 4,8. Madurejo Prambanan Sleman. Lokasinya sangat strategis, hanya 10 km dari pusat kota dan dekat dengan obyek wisata kekinian seperti Tebing Breksi dan Obelix Hill maupun beberapa komplek candi seperti Candi Prambanan, Candi Boko, dan Candi Ijo.

Resto yang menempati area seluas lebih dari seribu meter persegi ini mampu menampung 700 tamu, terbagi dalam area sehingga dapat digunakan untuk berbagai acara. 

“Konsep rumah makan ini Jogja banget, lesehan. Tapi kalau mau buat resepsi nikahan atau acara yang lain juga bisa. Bahkan banyak yang mengadakan pertemuan dan rapat kerja di sini, apalagi juga ada fasilitas WiFi. Untuk rombongan wisatawan juga bisa, area parkir kami cukup luas untuk menampung bus pariwisata,” lanjut Wahyu. 

Resto dengan puluhan staff ini siap melayani pemesanan di tempat. Namun untu acara tertentu atau tamu rombongan sebaiknya melakukan pemesanan terlebih dahulu agar tidak menunggu hidangan  terlalu lama.

Selain gurami bakar asam manis pedas yang menjadi favorit pengunjung, restoran ini juga menyediakan aneka olahan ayam, bebek, nila, lele, dan seafood. Untuk pilihan cara memasaknya bisa digoreng biasa, goreng tepung, ataupun dibakar. Selain aneka lalapan dan sambal sebagai pendamping lauk utama, rumah makan ini juga punya menu andalan lain seperti sayur asem, cakangkung, dan tumis tahu toge.

“Kami buka setiap hari  mulai jam 09.00-21.00 last order 20.30 WIB,” Sigit menutup perbincangan. (Yuliantoro)


share on: