Baksos Dies Natalis UNY di Sitimulyo Dimeriahkan Tarian Anak-anak

share on:
Anak-anak riang gembira memainkan tarian memeriahkan bakso UNY dalam rangka Dies Natalis || YP-Dedy Herdito

Yogyapos.com (BANTUL) - Dalam rangka dies natalis ke-58 UNY melaksanakan bakti sosial di di Science Techno Park Dusun Pagergunung, Sitimulyo, Piyungan, Bantul pada Rabu (18/5). Selain bakti sosial, juga menggelar festival produk kreatif dan kesenian.

Menurut Ketua LPPM UNY Prof Samsul Hadi, dipilihnya Sitimulyo sebagai desa jujugan bakti sosial karena Desa Sitimulyo Piyungan Bantul saat ini telah meraih predikat sebagai Desa Budaya, Desa Prima, dan Desa Preuner, sehingga untuk mencapai puncak prestasi harus meraih predikat desa wisata. 

“Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi penyelenggaraan bakti sosial, pelatihan ecoprint dan permainan tradisional Prancis, festival produk kreatif serta pelatihan tari Jawa,” katanya.

Rektor UNY Prof Sumaryanto mengatakan UNY baik orangnya, barangnya atau lembaganya harus berguna bagi lingkungan. “Baksos UNY paling banyak dilakukan di daerah Bantul sepertiImogiri, Dlingo, dan sekatang di STP Piyungan,” kata Rektor.

Hal ini karena UNY melestarikan program yang telah dirintis rektor sebelumnya. Sumaryanto juga memperhatikan sejumlah tarian yang dilakukan pada siswadalam acara ini dan menemukan talenta yang menonjol, oleh karenanya diharapkan kelak para siswa itu melanjutkan studi di UNY. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul Drs Didik Warsito mewakili Bupati Bantul merasa gembira atas penunjukan Science Techno Park di wilayah Piyungan sebagai ujud kepercayaan UNY pada Kabupaten Bantul.

“Harapannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” katanya.

Hal ini merupakan bukti nyata dijalankannya Tridharma Perguruan Tinggi oleh civitas akademika UNY sehingga ilmu yang dipelajari dan dikembangkan akan makin berguna bagi kehidupan.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Bantul menerima dengan tangan terbuka kerjasama dengan perguruan tinggi karena tidak dapat bergerak sendiri dalam pembangunan namun membutuhkan kolaborasi dan sinergitas berbagai pihak sehingga terwujud cita-cita menjadikan masyarakat Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan.

Penyaluran sembako dari panitia kepada warga pra sejahtera di Sitimulyo || YP-Dedy Herdito

Gelar produk kreatif berupa kegiatan pameran hasil pelatihan eco-print, produk-produ khasil kerajinan tangan dan kuliner yang dipasarkan dalam kegiatan festival tersebut.  Pada saat yang bersamaan ditampilkan kesenian-kesenian yang berkembang di DesaSitimulyo dan kesenian hasil pelatihan oleh dosen dan mahasiswa UNY. Kegiatan pelatihan tari juga dilakukan oleh tim LPPM, yang diikuti oleh 26 anak-anak. 

Adapun tarian yang dipelajari adalah sendratari “Dolanan ing Pinggir Kali” yang menampilkan tarian anak berasal dari Jawa dan permainan tradisional Prancis yang dilatih oleh Yoakim Valise dari University of Puatie Prancis. Kegiatan-kegiatan tersebut dimaksudkan dapat mendukung program-program yang telah dirintis oleh desa Sitimulyo untuk mencapai desa wisata. 

Kegiatan bakti sosial berupa bantuan Paket Sembako sebanyak 400 paket dan bantuan tas dan alat pendidikan sejumlah 100 paket diberikan kepada masyarakat dan pelajardesa Sitimulyo. Di samping itu juga diadakanbazaar baju pantaspakai yang dikoordinasikan oleh  seluruh civitas akademika UNY, Ikatan Alumni UNY dan Dharma Wanita Persatuan UNY. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama antara UNY dengan Desa Sitimulyo, Piyungan Bantul yang nantinya dapat dilanjutkan dengan kerjasama-kerjasama dalam berbagai bidang sehingga terjalin hubungan sinergis secara terus menerus. Adapun dapat lebih lanjutnya adalah berhasil dicapainya desa Sitimulyo menjadi desa yang mandiri budaya. Salah satu penerima paket sembako Pardi Wiyono warga Pagergunung merasa gembira dengan perolehan ini karena dapat menopang kebutuhan rumah tangganya. Paket yang didapat berisi antara lain mie instan, gula dan minyak goreng.

Science Techno Park UNY merupakan salah satu rencana kedepan UNY sebagai PTN Badan Hukum. Diatas tanah seluas 1,2 hektar dan akan dikembangkan menjadi 6 hektar, Science Techno Park UNY direncanakan menjadi pusat kegiatan akademik karena akan didirikan laboratorium, sport center, UNY Farma dan resort. Dalam resort ini direncanakan berdiri joglo untuk ber kegiatan, embung, food court serta spa and beauty. Juga tersedia jogging track, masjid dan area parkir. (Dedy Herdito)

  


share on: