Alumni SPG IKIP Yogyakarta Salurkan Sembako kepada Warga Terdampak Corona Dusun Nglembu

share on:
Suasana penyaluran sembako oleh relawan Alumni SPG IKIP Yogyakarta di Dusun Nglembu || YP-Markaban Anwar

Yogyapos.com (BANTUL) - Komunitas Alumni SPG (Sekolah Pendidikan Guru) Negeri IKIP Yogyakarta Angkatan 1982 menyalurkan bantuan sembako kepada warga terdampak Covid-19. Penyaluran bantuan ini berlangsung di rumah Nugrahini, di Dusun Nglembu Desa Panjangrejo, Pundong, Bantul, Jumat (10/7/2020).

Ketua Komunitas Alumni Angkatan 1982 SPG Negeri IKIP Yogyakarta, Rustamaji, mengatakan solidaritas berbagi kepada warga terdampak Covid-19 ini telah digalang pengumpulan dana dari seluruh alumni sejak wabah Corona merebak. Sedangkan proses penyaluran bantuan mulai di lakukan pada pekan awal bulan Juni.”

“Pertama kalinya di salurkan di Desa Balecatur, Gamping, Sleman. Sejauh ini, sudah sembilan lokasi telah kami kunjungi dan berikan santunan berupa sembako yang kami berikan kepada warga dhuafa yang rentan akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Lokasinya berbeda-beda, menyesuaikan di sekitar tempat tinggal alumni angkatan 1982, dengan ketentuan bisa mencakupi sebaran di semua lokasi kabupaten di Yogyakarta. Dari wilayah Sleman, Kota Yogyakarta, Wonosari Gunungkidul, Kulonprogo, dan Bantul.

“Untuk penyaluran bantuan kali ini merupakan lokasi ke-sepuluh, ada sejumlah 25 paket sembako dan uang tunai. Kami berikan kepada warga di dusun Nglembu, Panjangrejo, Pundong. Kami berharap bantuan ini bisa sedikit beban masyarakat terdampak Covid-19,” jelas Rustamaji.

Acara yang dilangsungkan sejak pukul 14.00 WIB dihadiri warga yang sebelumnya telah menerima undangan. Pilihan orang-orang yang dipandang layak menerima paket sembako disusun oleh Dwi Darwanto selaku pengurus Anak Ranting Nahdlatul Ulama (ARNU) Dusun Nglembu berkoordinasi dengan Ibu Nugrahini selaku tuan rumah.

Para warga yang menerima sembako nampak terharu. Mereka tak mengira hingga kini masih ada saja kelompok-kelompok masyarakat yang memiliki kepedulian dan solidaritas sosial di kondisi susah ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Kami menyampaikan terimakasih tiada terkira atas bantuan yang diberikan. Kami ikut do’akan semoga para alumni SPG senantiasa dikarunia kesehatan oleh Allah SWT, dan berkah usia,” ujar Suparman mewakili warga penerima bantuan.

Supriyanto selaku koordinator penyaluran sembako Alumni SPG IKIP Yogyakarta ikut menyampaikan bahwa pengumpulan dana dalam upaya pembagian sembako itu bukan hanya dari alumni yang berdomisili di Yogya saja, namun juga berasal dari teman-teman alumni di wilayah luar Yogya seperti Jakarta, Bogor, Semarang, Kendal, Lampung, Wonosobo, Purworejo, Temanggung, dan Magelang. (Markaban Anwar)

 


share on: