Aliansi Jaga Jogja Minta Masyarakat Tingkatkan Kepatuhan

share on:
Spanduk yang dipasang di Tugu mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga Yogya dan meningkatkan kepatuhan || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Beberapa waktu lalu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipuji dan dinilai berhasil oleh Presiden Joko Widodo dalam penanganan pandemic Covid-19. Masyarakat pun terlena. Kepatuhan terhadap protocol kesehatn melonggar. Kini angka yang terpapar Corona di DIY ada peningkatan yang signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

Untuk itu masyarakat sipil DIY membentuk forum Aliansi Jaga Jogja untuk bergotong-royong menjaga Yogya dengan semboyan: Aja Lena, Aja Sembrana. Aksi ini ditandai dengan memasang spanduk di Tugu Golong Gilig.

Juru bicara Aliansi Jaga Jogja Nurholis mengatakan, aliansi ini terdiri dari berbagai elemen masyarakat Jogja yang memiliki kesadaran bahwa upaya untuk menahan dampak pandemi Covid-19 adalah upaya berkelanjutan. “Masyarakat Yogya harus terus mempertahankan kewaspadaan dengan menjaga sikap aja lena, aja sembrana.

“Ada kawan-kawan aktivis, akademisi, jurnalis, profesional dan mahasiswa yang tergabung dalam gerakan ini. Berkontribusi untuk menggerakkan semangat gotong-royong antara elemen masyarakat dengen pemerintah. Kami akan terus melakukan gethok-tular mengajak masyarakat saling menjaga, dan patuh kepada protokol kesehatan,” kata Nurcholis, Sabtu (1/8/2020).

Sementara itu Ketua Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Septiaji Eko menambahkan, aliansi ini juga akan berperan untuk memerangi infodemi, yaitu kabar bohong (hoax) terkait informasi seputaran pandemik Corona.

“Infodemi ini ditengarai menjadi salah satu penyebab turunnya ketidakpatuhan masyarakat. Bahkan di beberapa tempat memicu ketidakpercayaan dan intimidasi kepada tenaga kesehatan dan rumah sakit. Indonesia pun kebanjiran infodemi berupa hoaks dan teori konspirasi dengan jumlah yang sangat besar. Hampir 100 topik setiap bulan. Dan hoax ini patut kita perangi bersama,”tandas Septiaji. (Dol)

 

 

 

 


share on: