Agus Alim: Setahun Dilantik, Bupati Terpilih Harus Sanggup Pulihkan Perekonomian

share on:
Ketua Komisi A DPRD Bantul, Agus Alim || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Meski Pilkada Bantul 2020 belum berlangsung, tapi harapan terhadap Bupati dan Wakil Bupati terpilih terus bergulir di kalangan anggota DPRD Bantul. Mereka umumnya menyatakan siapa pun bupati terpilih nanti diharapkan sanggup membawa Bantul lebih baik, sanggup mengatasi pelbagai persolan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Persoalan dan tantangan yang harus teratasi yaitu berkaitan dengan dampak Covid-19, terutama pemulihan ekonomi,” kata Ketua Komisi A DPRD Bantul, Agus Alim, Selasa (15/9/2020).

Dalam upaya pemulihan ekonomo, Pemkab Bantul perlu memanfaatkan berbagai peluang keberadaan Yogyakarta International Airport di Kulonprogo) dan profesional dalam penempatan serta memberikan jabatan kepada ASN.

Agus menyatakan, Bupati dan Wakil Bupati terpilih harus mengatasi dampak Covid-19 secara tuntas dalam jangka waktu satu tahun setelah dilantik. Kahususnya ketika mengatasi persoalan perekonomian, maka harus mengalokasikan dana anggaran yang mencukupi dan mudah diakases oleh masyarakat. 

Dari berbagai anggaran yang harus disediakan diantaranya melalui P2MD. Pengalokasian anggaran tentunya juga memperoleh persetujuan dewan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Dewan tetap akan  mengawal dan mengkritisinya agar tepat sasaran dan bermanfaaf.

“Dalam menangkap dan memanfaatkan peluang adanya Bandara Internasional di Kulonprogo, Bantul harus melakukan penataan melalui berbagai langkah, antara lain menata dan memanfatkan peluang kawasan selatan di dekat JJLS terkait dengan sektor pariwisata, ekonomi dan pertanian . Ini harus tanpa mengabaikan kelestarian alam,” papar Agus.

Ia menambahkan, dalam hal penempatan dan pemberian jabatan kepada para ASN harus profesional. Artinya sesuai dengan kompetensi, jauh dari KKN, jual beli jabatan dan terlepas dari ikatan psikologis antara ASN dengan Bupati dan Wakil Bupati. Itu semua dilakukan dengan tujuan agar Bantul bisa lebih maju dan baik dibandingkan sebelumnya. Hal ini juga sebagai perwujudan dari pemenuhan  keinginan masyarakat secara luas dan DPPRD Bantul. (Supardi)

 


share on: