Ada Dukungan Program New Normal di Embung Senja

share on:
Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BOB Bisma Jatmika (kiri) didampingi Direktur Bumdes Tirtamas dan Kasi Fasilitas Pariwisata Dinpas Sleman di Kafe Senja || YP- Dok. Embung Senja

Yogyapos.com (SLEMAN) - New normal adalah membiasakan penerapan protokol Covid-19 dalam aktifitas sehari-hari, baik di rumah apalagi di lingkungan destinasi wisata. Protokol harus menjadi kesadaran bersama baik pengunjung, pengelola maupun para penjual yang berada di area destinasi. Dengan penerapan protokol secara konsisten dan berkelanjutan, semua bisa terlibat aktif dalam menekan dan mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Demikian disampaikan Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur (BOB), Bisma Jatmika, saat melakukan pengecekan atas bantuan dukungan program New Normal BOB untuk melengkapi sarana prasarana kesehatan sesuai protokol Covid-19 untuk Bumdes Tirtamas yang mengelola Embung Senja di Tirtoadi Mlati Sleman, Kamis (30/7/2020).

Harapannya, lanjut Bisma, dengan penerapan protokol Covid-19 secara konsisten akan mampu melakukan edukasi kepada pengunjung dan masyarakat. "Perlu ditekankan pula carrying capacity  dan manajemen wisata yang benar. Dari situ, kita bisa benar-benar menghitung daya tampung destinasi dan menyiapkan pelayanan secara maksimal. Jangan sampai pengelola tak bisa memperhitungkan daya tampung pengunjung sehingga potensial terjadinya penumpukan massa,” pesannya saat berbincang santai di Kafe Senja.

Berkaitan dengan itu, BOB akan memberikan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan dalam penerapan protokol Covid-19 agar pengelola bisa secara benar dan sehat melayani para pengunjung Embung Senja yang memiliki karakter dan latar belakang yang beragam.

Menyambut program itu, Direktur Bumdes Tirtamas Tirtoadi Mlati Sleman, Wahjudi Djaja, menyatakan kesanggupannya demi tercapainya kesehatan dan kenyamanan pengunjung dan segenap pengelola.

"Bumdes Tirtamas membawahi tiga desa wisata, yakni desa wisata kerajinan bambu Sendari, desa wisata konservasi burung kuntul Ketingan, dan desa wisata budaya Rajek Wetan. Ketiga memiliki sarana dan daya dukung yang bisa digunakan untuk kepentingan pelatihan penerapan protokol Covid-19,” tandasnya.

Di tempat yang sama Kepala Seksi Fasilitas Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dewi Setyowati ST MEng yang ikut mendampingi, menyambut baik program BOB. "Ini kesempatan bagi Bumdes Tirtamas yang mengelola Taman Embung Senja. Kami yakin pengelola mampu mengambil kesempatan dan kepercayaan ini secara maksimal,” tandasnya.

Dalam kegiatan yang digelar sejak pukul 07.30 di area Embung Senja itu melibatkan 30 orang. Turut hadir dalam kegiatan itu tim BOB, staf Dinpar Sleman, Sekdes Tirtoadi, Satlinmas Tirtoadi, Bhabinkamtibmas Polsek Mlati, dan pengurus Bumdes Tirtamas. (Iud)

 


share on: