ACT Yogya Segera Berangkatkan Kapal Kemanusiaan ke Kalsel dan Sulbar

share on:

Yogyapos.com (YOGYA) - Dalam rangka membantu saudara kita yang terlanda musibah banjir dan gempa bumi, Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY berencana akan memberangkatkan kapal kemanusiaan berisi bantuan logistik untuk para pengungsi.

Kepala Cabang ACT DIY, Zainul Muttaqin menjelaskan, agenda besar program Kapal Kemanusiaan ini merupakan wujud kedermawanan masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya untuk merespon bencana alam yang terjadi di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

“Saat ini kebutuhan pangan dan kebutuhan darurat lainnya menjadi hal yang sangat penting bagi korban bencana alam di fase tanggap darurat seperti saat ini,” ujar Zainul, Senin (25/1/2021).

Program Layarkan Kapal Kemanusiaan ini, dari Jogja akan di isi dengan bantuan logistik yang kemudian akan diangkut menggunakan armada-armada truk kemanusiaan yang menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya selambat-lambatnya pada Kamis (28/1) mendatang.

Dari Pelabuhan Surabaya, bantuan kemanusiaan dari masyarakat Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur kemudian akan dikumpulkan dan dikemas dalam kapal yang langsung bertolak menuju Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

“Kita targetkan dari Yogya kita akan memberangkatkan minimal 10 truk berisi full bantuan kemanusiaan, seperti beras, tepung, gula, garam, minyak, tenda, selimut, serta bantuan darurat untuk para pengungsi,” tambah Zainul.

Demi suksesnya program besar kapal kemanusiaan ini ACT DIY berharap semua lini masyarakat di Yogyakarta mulai dari perorangan, komunitas, organisasi hingga institusi dapat bergabung dan berpartisipasi dalam pengumpulan bantuan kemanusiaan untuk para korban terdampak bencana di tanah air.

“Insyaallah jika bergerak bersama-sama, walaupun itu hanya berupa sekepal beras, jika semua bergerak akan menjadi  sekapal beras,” tambah Zainul.

Kapal kemanusiaan tahap 1 ini ditargetkan akan membawa total 1.000 ton bantuan logistik untuk dikirim menuju Posko Induk ACT di Mamuju, Sulawesi Barat dan Posko Induk di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sejak gempa berkekuatan 6,2 M di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat dan banjir bersekala besar di Kalimantan Selatan, ACT telah menerjunkan ratusan relawan untuk turut dalam evakuasi, serta mendirikan Posko yang tersebar di semua kabupaten yang terdampak bencana.

Di sisa waktu sebelum keberangkatan Kapal Kemanusiaan ini, “bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi dapat di kirim ke Posko Pengumpulan Bantuan di Kantor ACT DIY Jl. Nitikan Baru, No.41, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta, atau dapat konfirmasi melalui Careline ACT di 0851 0313 4440,” tutup Zainul. (*/Met)

 


share on: