ACT DIY-Hiswana Migas Gelar Apel Siaga dan Serah Terima Bantuan Tenda

share on:
Apel siaga siaga bencana alam ACT DIY dan Hiswana Migas, selasa (6/4/2021) || YP-Ist

 

Yogyapos.com (YOGYA) - Hingga saat ini bencana alam masih terus melanda Ibu Pertiwi, dua hari terakhir masyarakat tengah dikejutkan dengan banjir bandang hingga longsor yang menerjang Bima, NTB dan Flores Timur, NTT yang mana telah menelan ratusan korban jiwa serta puluhan ribu terdampak.

Di Yogyakarta sendiri potensi bencana alam masih cukup besar, dimana beberapa hari terakhir seperti hujan deras disertai angin kencang masih terus terjadi, bahkan menyebabkan pohon tumbang, hingga dapat berpotensi banjir.

Merespon berbagai bencana alam tersebut, ACT DIY bersama dengan Hiswana Migas DPC DIY menggelar apel siaga bencana serta serta serah terima bantuan tenda emergency dari Hiswana Migas DPC DIY, Selasa (6/4/2021).

Berlokasi di Jogja Fish Market Yogyakarta, agenda apel siaga sekaligus serah terima tersebut diikuti oleh puluhan relawan kebencanaan MRI ACT beserta jajaran pengurus Hiswana Migas DPC DIY.

Kepala Cabang ACT DIY Zainul Muttaqin menerangkan, setiap bencana alam terjadi para relawan kebencanaan yang  kemudian terjun untuk melakukan giat search and rescue orang hilang atau tenggelam, evakuasi bencana alam bersama BPBD, tim SAR bahkan TNI, hingga penyaluran bantuan pokok untuk para pengungsi yang terdampak bencana alam.

Zainul menambahkan, selama ini kolaborasi ACT DIY bersama Hiswana Migas DIY terjalin secara berkesinambungan mulai dari pembangunan sumur wakaf beberapa titik di DIY, pengadaan wastafel portabel untuk pencegahan virus Covid-19 di pasar-pasar tradisional.

“Yang terbaru berupa pembangunan masjid permanen untuk masyarakat terdampak Gempa di Majene, Sulawesi Barat, hingga pemberian bantuan berupa tenda emergency,” ujar Zaindul.

Sementara itu Ketua Hiswana Migas DIY Aryanto Sukoco menerangkan, berharap melalui melalui serah terima tenda pleton kepada ACT ini nantinya dapat secara intens digunakan untuk para relawan MRI-ACT untuk giat dapur sosial, search and rescue, hingga pemanfaatan untuk tempat mengungsi para pengungsi.

“Ini adalah bagian dari bantuan dari Hiswana Migas yang berupa tenda berukuran besar untuk misi kemanusiaan, semoga nanti dapat dimanfaatkan untuk keperluan penanggulangan bencana alam,” jelas Arianto.

Acara apel siaga dan serah terima tersebut diakhiri dengan peninjauan tenda emergency secara bersama sama serta penjelasan aksi-aksi kemanusiaan yang selama ini para relawan lakukan. Rencananya kolaborasi kemanusiaan akan dilanjutkan di momentum ramadhan nanti dengan program distribusi paket pangan ramadhan untuk masyarakat prasejahtera dan penyaluran zakat mal maupun zakat fitrah. (*/Met)

 

 


share on: