29 ‘Alap-alap’ Sepeda Motor Diringkus

share on:
Para tersangka curanmor yang diamankan jajaran Reserse Polda DIY.

Yogyapos.com (SLEMAN) -  Kepolisian Daerah (Polda) DIY  menangkap 29 tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor)  selama Operasi Curanmor Progo 2018, yang berlangsung sejak 11 sampai 29 November 2018. Para ‘Alap-alap’ ranmor itu dibekuk di tempat berbeda berikut barang bukti hasil kejahatannya 23 unit sepeda motor dan 1 unit mobil.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda DIY Kombes Pol Hadi Utomo menyatakan, para tersangka rata-rata bagian dari sindikat curanmor yang bekerja secara rapih. Ada yang berperan sebagai ‘penggambar’ susana,  pengawas, pemetik maupun penadah.

Mereka biasanya hanya butuh waktu antara 5-10 menit di setiap aksinya menggunakan kunci T, bahkan ada diantaranya langsng main gasak membawa kabur sepeda motor yang kuncinya masih tertiggal di kendaraan.

“Cukup rapih, semua hasil kejahatan dibuang ke luar DIY,” jelas Dirreskrimum, di Mapolda DIY, Selasa (11/12/2018).

Diungkapkan, para tersangka berusia tua, muda dan remaja. Bukan hanya dari DIY saja, tetapi juga dari luar daerah. Sebagian besar di antaranya sudah berkali-kali melakukan aksi serupa. “Kini perkaranya sudah memasuki tahap penyidikan dan penuntutan,” tandasnya.

Terkait maraknya curanmor in, Hadi Utomo mengingatkan masyarakat agar lebih berhati-hati ketika meninggalkan sepeda motor di parkiran toko atau pun tempat umum lainnya. Harus dipastikan apakah kuncinya sudah dicabut atau belum. Selain itu juga benar-benar dititipkan kepada juru parkir, sehingga paling tidak juru parkir itu dapat cermat jika ada orang lain yang hendak mencuri. (Inu)

 


share on: