1 Juli, Obyek Wisata Candi Prambanan Kembali Dibuka

share on:
Upacara persiapan pembukaan kembali obyek wisata Candi Prambanan diikuti oleh pejabat terkait || YP-Fadholy

Yogyapos.com (SLEMAN) - Setelah memeroleh izin dari Gugus Tugus Percepatan Penanganan Covid-19 DIY, PT Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan akan melakukan uji coba pembukaan operasional pada 1 Juli 2020. Namun untuk jam kunjung dan kuota wisatawan akan dibatasi. Candi Prambanan mulai dibuka pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan kuota wisatawan perharinya dibatasi 1.500 orang.

Perijinan uji coba pembukaan ini berdasarkan keberhasilan pelaksanaan protokol kesehatan saat simulasi yang dilakukan PT TWC sebanyak tiga kali, sesuai anjuran dan arahan pemerintah.

Dirut PT TWC Edy Setijono menjelaskan, pihaknya tentu akan menerapkan pengaturan dan pembatasan pengunjung. Serta melakukan penjualan tiket secara online, untuk mengurai antrian pengunjung. “Dari kuota 1.500 wisatawan perharinya, 1.000 tiket kami jual secara on the spot (di lokasi). Sedangkan 500 tiket dijual secara online. Selama percobaan pembukaan ini, selama 2 minggu kami bersama tim Gugus Tugas akan melakukan monitoring secara intens. Kami juga tegas, jika dalam sehari sudah memenuhi kuota kunjungan, tiketing akan ditutup,” ujar Edy dalam jumpa pers di Lapangan Garuda Candi Prambanan, Senin (29/6/2020) sore.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) DIY Singgih Raharjo menambahkan, ijin yang diberikan kepada PT TWC lantaran yang bersangkutan telah menerapkan standar new normal dengan sangat baik. “PT TWC telah melaksankan protokoler kesehatan secara profesional dan proporsional. Dalam masa uji coba ini pasti akan ada evaluasi. Kita lihat nanti bagaimana progresnya. Yang jelas pembatasan pengunjung wajib dilakukan, sebagai syarat utama pembukaan destinasi wisata. Semoga ini menjadi stimulus kembali bergairahnya industri pariwisata di DIY dan Jateng,” kata Singgih.

Penerapan kebijakan ini PT TWC akan bekerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY. Pada zona 1, wisatawan tidak diperkenankan naik ke atas Candi Prambanan. Maksimal hanya sampai di pelataran candi.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPBD DIY Biswara Yuswantana, Kepala BPCB Zaimul Azzah, Dandim 0732 Sleman Letkol Inf Diantoro, Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto, serta jajaran stakeholder dari Pemkab Sleman dan Pemkab Klaten. (Fadholy)

 

 

 


share on: